EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aims for knowing the effectiveness of learning model of TSTS in increasing student’s mathematical conceptual understanding. This research uses pre-test and post-test control group design. Research population was all of tenth grade student in computer network class of SMKN 1 Bandar Lampung 2012/2013. The sample is students X TKJ1 and X TKJ2 which selected from six classes by cluster random sampling. Based on data hypothesis test, it is found that gain of students mathematical conceptual understanding in learning model of TSTS is higher than conventional learning. The conclusion is learning model of TSTS is effective in increasing students mathematical conceptual understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif TSTS dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test control group design dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas TKJ1 dan TKJ2 yang dipilih dari tujuh kelas menggunakan tehnik cluster random sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh bahwa gain pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih dari gain pemahaman konsep yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran TSTS efektif diterapkan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, model pembelajaran TSTS, pemahaman konsep matematis
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Grasindo. Jakarta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran). Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Noer, Sri Hastuti. 2010. Jurnal Pendidikan MIPA. Bandar Lampung. Unila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.