Efektivitas Model Reciprocal Teaching Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Hanggoro Mukti, Sri Hastuti Noer, Haninda Bharata

Abstract


This quasi-experimental research  aimed to find out the effectiveness of reciprocal teaching in terms of  student’s mathematical problems solving skill.  The population in this research was all students of grade eighth of SMPN 8 Bandarlampung on academic year of  2018/2019. The samples of this research were students of class VIII B and VIII D selected by using purposive  sampling technique. This research used posttest only control design. The research data were obtained by the essay test of mathematical problems solving skill on topic of relation and function. Analysis of research data used the t-test and proportion test. Hypothesis test results showed that student’s mathematical problem solving abilities in the reciprocal teaching class was higher than the covensional class, and proportion of students with good categorized mathematical problem solving abilities more than 60%. Based on the results of this research and discussion, concluded that reciprocal teaching model was effective in terms of student’s mathematical solving problems skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII D yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan posttest only control design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian pada topik relasi dan fungsi. Analisis data penelitian  menggunakan uji-t dan uji proporsi. Hasil uji hipotesis menunjukkan kemampuan pemecahan matematis siswa pada pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, dan proporsi siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis terkategori baik lebh dari 60%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model reciprocal teaching efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemecahan masalah matematis, reciprocal teaching



Full Text:

PDF

References


Afdhal, M. 2015. Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.

Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan Volume 8 Nomor 2. (Online), (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2158), diakses 15 November 2018.

Azwar, Saifuddin. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Darmawan, I Gusti Bagus. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: PS Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Dewi, S.H., Susanto, Nurcholif, D.S.L. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM di Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi Volume II Nomor 3. (Online), (http://Jurnal.unej.ac.id), diakses 15 November 2018.

Jatisunda, M Gilar. 2017. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal THEOREMS Volume 2 Nomor 1. (Online), (http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/download/574/540), diakses 12 November 2018.

Kawedar. W. P., dan Abdul Qohar. 2012. Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkat-kan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segitiga Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen. (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/31/940), diakses 9 Mei 2018.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta.

Maulani, D. Suyono, Anton Noornia. 2017. Pengaruh Penerapan Model reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Self-Concept Siswa di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. JPPM Volume 10 Nomor 2. (Online), (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2026/1569), diakses 10 April 2018.

Muslimin. 2017. Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11 Nomor 1. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/122805-ID-pembelajaran-matematika-dengan-model-rec.pdf), diakses 4 April 2018.

Palupi, H.R., H.Suyitno, A. Prabowo. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Segiempat. Unnes Journal of mathematics Education Volume 5 Nomor 2. (Online), (http://journal.unnes.ac.id), diakses 19 Juni 2018.

Pribadi. B.A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Purwaningsih, Ayu., dan Ariyanto. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa SMP Kelas VII. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Online) (https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6981/43_96_Makalah%20Rev%20Ayu%20Purwaningsih.pdf?sequence=1), diakses 27 Maret 2018.

Qohar, Abd. 2009. Penggunaan Reciprocal Teaching untuk Mengembangkan Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, dan Pendidikan dan Penerapan MIPA. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/12258/1/M_Pend_2_Abd.%20Qohar.pdf), diakses 10 April 2018.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015:Trend in International Mathematics and Science Study. Diagnosa hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian. (Online), (https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/RahmawatiSeminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf), diakses 4 April 2018.

Ricardo, Rini Intansari Meilani. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan Manajemen Per-kantoran Volume 1 Nomor 1. (Online), (http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/8108/5131), diakses 5 Desember 2018.

Rosdianwinata, Eka. 2015. Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Volume 1 Nomor 1. (Online), (http://unmabanten.ac.id/riset/jurnal/jurnal-mendidik-vol-1-no-1.pdf), diakses 12 Mei 2018.

Suparni. 2016. Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Kaitan-nya dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Logaritma Volume IV Nomor 1. (Online), (http://e-journal.perpustakaanstainpsp.net/index.php/logaritma/article/download/376/373), diakses 10 Mei 2018.

Widjajanti, Djamilah Bondan. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagamana Mengembangkannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/7042/), diakses 13 Mei 2018.

Yarmayani, Ayu. 2017. Analisis Kemampuan pemecahan Maslaah Matematis Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/81811-ID-analisis-kemampuan-pemecahan-masalah-mat.pdf), diakses 11 November 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.