PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aims to know the influence of cooperative learning model of CORE type towards student’s mathematical problem solving ability. The population is all eight grade students of even semester of junior high school state 12 Bandar Lampung in the academic year 2012/2013 that consists of 285 students and distributed into nine classes. The sample is the students in VIII C and VIII D class that are obtained by purposive sampling technique. The design of research is posttest only control group. The instrument is essay test to ressure student’s mathematical problem solving ability. Based on the analysis, it is concluded that cooperative learning model of CORE type influences towards student’s mathematical problem solving ability in eighth grade students of junior high school state 12 Bandar Lampung in academic years 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CORE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 285 siswa yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C dan kelas VIII.D yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah post-test only control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CORE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: CORE, kemampuan pemecahan masalah, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Firdaus, Ahmad. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah. [Online]. Tersedia: http://madfirdaus.wordpress.com/2009/11/23/kemampuan-pemecahan-masalah-matematika/ [23 November 2009].
Herlina, Sari. 2012. Efektivitas Strategi REACT dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis pada SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu [20 November 2012]
Hutagalung, J.B. 2009. Meningkatkan Kemempuan Pemecahan Masalah Dan komunikasi Matematis Siswa Sekolah Atas Melalui Pemebelajaran Koopertif Jigsaw. Tesis pada SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan. [Online]. Tersedia:http://repository.upi.edu/tesis view.thp?no_tesis-1122 [20 November 2012].
Jacob, C. (2005).Pengembangan Model ‘CORE’ dalam Pembelajaran Logika dengan Pendekatan Reciprocal Teaching bagi Siswa SMA Negeri 9 Bandung dan SMA Negeri 1 Lembang (Laporan Piloting). Bandung: FPMIPA UPI
Mullis, Ina V.S et al. 2009. TIMSS Assesment 2009. [Online] Tersedia: http://www.education.gov.za/LinkClick.aspx?fileticket=Ub4vJ%2BeV9ds%3D& [13 Februari 2013].
National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. [Online]. Tersedia: www.nctm.org [10 April 2011].
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Ke-Enam. Bandung: PT Tasito.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.