PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Fitria Masyitoh, Sugeng Sutiarso, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aims to know the influence of problem posing approach towards student’s mathematical conceptual understanding. Problem posing approach is one of the approachs that train students to ask the questions which they design according to their understanding. The research design is posttest only control group. The population is all seventh grade students who have middle and high ability in problem of Junior High School State 1 Natar in academic year 2012/2013. Sample is students of VIIA and VIIB class that determined by purposive sampling technique. The result of research shows that  problem posing approach has influence towards student’s mathematical conceptual understanding, a case study on seventh grade students of Junior High School State 1 Natar in academic year 2012/2013.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem posing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pendekatan problem posing merupakan salah satu pendekatan yang dapat mela­tih siswa untuk bertanya dengan pertanyaan yang mereka rancang sendiri sesuai de­ngan pema­haman siswa tersebut. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berkemampuan pemecahan masalah matematis sedang dan tinggi SMPN 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan problem posing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013.

Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, problem posing

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan. 2011. Survei Internasional TIMSS. [on line] litbang.kemdikbud.go.id/detail.php?id=214 (20 Januari 2013).

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

English, Lyn D. 1997. Promoting a Problem-Posing Classroom. [on line]. Tersedia: http://compastech.com.au.ARNOLD/PAGES/stoya2.html. (20 Januari 2013)

Silver, E. A. 1994. On Mathematical Problem Posing. (Journal for The Learning of Mathematics, 14(1), 19-28). [on line]. Tersedia: http://www.jstor.org/. (20 Januari 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.