Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
This experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning type Think Pair Share in terms of students’conceptual understanding of mathematics. The population in this study were all students of class VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung in academic year 2017/2018 which were distributed into seven classes. The samples of this research were students of VII E and VII G class which were taken by cluster random sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. The data analysis of this research used proportion test and Mann-Whitney U test. Based on the results of the research and discussion it was concluded that Cooperative learning Think Pair Share type was effective in terms of students’conceptual understanding of mathematics.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII G yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi dan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Fristady, Restu. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gedongtataan Kabupaten Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi. Disertasi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/28377/), diakses 1 Juli 2018.
Huo, Meldi. 2013. Analisis Pemahaman Konseptual dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Hitungan pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Limboto. Jurnal Fakultas Matematika dan IPA. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://kim.ung.ac.id), diakses 5 September 2018.
Lutfi, Ahmad. 2016. Problem Posing dan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 4 Agustus 2018.
Murizal, Angga. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 5 September 2018.
Permendikbud. 2014. Lampiran III Permendikbud nomor 58 tahun 2014. Jakarta: BSNP.
Pratikta, Maulana Eka. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandarlampung T.P. 2016/2017). Disertasi tidak diterbitkan. Lampung: Pendidikan Matematika.
Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online), (http://puspendik.kemdikbud.go.id/), diakses 12 September 2018.
Sari, Veni Anita. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016). Disertasi tidak diterbitkan. Lampung: Pendidikan Matematika.
Widyastuti. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Elicting Activities Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2011: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.