PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Anna Marvita, Sugeng Sutiarso, M. Coesamin

Abstract


This is a quasi experimental research which aimed to know the influence of cooperative learning model of Numbered Head Together (NHT) type toward students conceptual understanding of mathematics. Posttest only control design was used in this research. The population was all students of grade 8th SMP Negeri 13 Bandar Lampung, even semester, school year 2012/2013. Sample of this research was students of VIII I as experiment class and VIII K as control class that was determined by purposive sampling technique. Based on data analysis, student’s conceptual understanding of mathematics and characteristic behavior achievement and social skill on cooperative learning model of NHT type is better than conventional learning, so it is concluded that cooperative learning model of NHT type affects student’s conceptual understanding of mathematics.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 362 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII K sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data, pemahaman konsep matematis siswa dan pencapaian perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: NHT, pemahaman konsep matematis, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Apriani, Fitri. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ditinjau dari Aktivitas Bertanya dan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Unila. [Online]. Tersedia: http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=elektronik+jurnal+pendidikan+matematika+pemahaman+konsep+matematis+unila&source=web&cd=6&cad=rja&ved=0CEEQFjAF&url=http%3A%2F%2Ffkip.unila.ac.id%2Fojs%2Fdata%2Fjournals%2F11%2FJPMUVol1No3%2F006_FitriApriani.docx&ei=jRv4UNCHKcTLrQeL1YH4DA&usg=AFQjCNG5hAEb5qqNNSJL4P0hRg_ON1F8Q (3 Januari 2013)

Bintasari, Imaniar dan Supardi, Imam. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya Kelas 8 di SMPN Kediri. Jurnal Unesa. [Online]. Tersedia: http:// ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/375 (3 Januari 2013)

Hasbullah. 2006. Dasar- dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/6928/ (1 Fenuari 2013)

Nico. 2012. Model Pebelajaran NHT (Number Heads Together). [online]. Tersedia:http://elnicovengeance.wordpress.com/2012/09/23/model pembelajaran-nht-heads-together/ (27 Februari 2013)

P4tkmatematika. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. [on line] tersedia:

http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SMP/4.INSTRUMEN%20PENILAIAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20 pdf (21 Maret 2013)

Resmini, Novi. 2003. Peningkatan Kompetensi Berbahasa dan Kompetensi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Masalah. [Online]. Teredia: http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA-/196711-031993032NOVI_RESMINI/Peningkatan_Kompetensi_Bahasa_dan_MatematikaMelalui_Pembelajaran_Terpadu_Berbasis_Masalah.pdf (21 Maret 2013)

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dikjen Pendidikan Tinggi Depdiknas

Sugiman. 2008. Pandangan Matematika Sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. [online]. Tersedia: http://eprints.unsri.ac.id/815/4/SUGIMAN.pdf (4 Februari 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.