PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Abstract
This quasi experimental research aims to know the influence of realistic mathematics education to the student’s mastering of mathematical conceptual. The research uses post-test only control group design. Research population was all of eight-class student in even semester of state Junior High School 1 of Pringsewu in academic year 2012/2013. The samples are students of VIII.1 and VIII.2 class that were chosen from five classes by purpossive sampling technique. The data of research was student’s mastering of mathematical conceptual. Data analysis uses Mann-Withney test. Based on analysis of data, it gotten that student’s mastering of mathematical conceptual on realistic mathematics education class is higher than student’s mastering of mathematical conceptual of conventional learning class. Thus, realistic mathematics education gives the positive influence to the student’s mastering of mathematical conceptual.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap penguasaan konsep matematika siswa. Desain penelitian adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2012/2013. Sampelnya adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 yang dipilih dari lima kelas dengan cara purpossive sampling. Data penelitian adalah data penguasaan konsep matematika. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata penguasaan konsep matematika siswa pada pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep matematika siswa.
Kata Kunci: pendekatan matematika realistik, pengaruh, penguasaan konsep matematika
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Balitbang. 2011. Survei Internasional TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study). [Online] Tersedia pada http://litbang. kemdikbud.go.id/detail.php? id=214. (diakses pada Jumat, 4 Januari 2013 pukul 11.54 WIB)
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya.Banjarmasin: Tulip.
Martono, Nanang. 2010. Statistika Sosial. Gava Media: Yogyakarta
Napitupulu, Ester L.. 2012. Prestasi Sains dan Matemaatika Indonesia Menurun. [Online] Tersedia pada http://edukasi. Kompas.com/read/2012//14/09005434Prestasi.Sains.dan.Matematika.Indonesia.Menurun. (diakses pada Jumat, 4 Januari 2013 pukul 11.43 WIB)
Ramadhan, Hammad F. 2009. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. [Online] Tersedia pada http://h4mm4d.wordpress. com/. (diakses pada Kamis, 27 Desember 2012 pukul 03.09 WIB)
Suarman, Adi. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pencapaian Konsep pada Kelas X SMU Negeri 1 Batang Kuis. [Online] Tersedia pada https:// sites.google.com/site/modelmodelpembelajaran/assignments. (diakses pada Jumat, 4 Januari 2013 pukul 11.13 WIB)
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.