Pengembangan LKPD dengan Model PBM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Anniya Mutiara Tsani, Caswita Caswita, Sugeng Sutiarso Sutiarso

Abstract


This study aims to develop the Student Work Sheet with a model of PBL is valid, practical, and see the level of effectiveness in improving students' understanding of mathematical concepts. This development research follows the research flow of Borg & Gall development. The subject of this research is the students of grade VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Instruments used are nontes and tests. Research data was obtained through questionnaire and concept comprehension test. Data were analyzed descriptively by looking at the validity, validity, and effectivity aspects of LKPD. The results showed that: (a) The developed LKPD had good validity based on the analysis of expert test data of the learning media and the material experts, (b) LKPD with the PBM model effective to improve students' mathematical understanding because more than 70% of students have met the KKM. Thus, LKPD with the PBM model developed is valid, practical, and effective to improve students' mathematical understanding.

Pengembangan LKPD dengan Model PBM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan model PBM yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur penelitian pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh menggunakan angket dan instrumen tes pemahaman konsep. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat aspek kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) LKPD yang dikembangkan memiliki validitas yang baik,(b) LKPD dengan model PBM efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa karena lebih dari 70% siswa telah memenuhi KKM. Dengan demikian, LKPD dengan model PBM yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: LKPD, PBM, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Borg Walter, Gall Meredith. 1983. Educational Research an Introduction. London: Longman

Depdiknas 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Elisa, Fauzi,A. 2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kegiatan Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Berbasis LKS Terstruktur. Jurnal Unimed Vol 2, No. 1: 2301-7651

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meining-katkan Kemampuan Berpikir Mate-matis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educa-tionist Vol 1, No. 1: 1907-8838

Maizora, Syafdi. 2011. “Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial Pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu”, Padang: Prascasarjana Universitas Negeri Padang

Mullis, Ina V.S., Martin,Michael O., Foy, Pierre, and Arora, Alka. 2016. TIMSS 2015 International Result in Mathematics. [ online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu/timss2015downloads/TI_Mathematics_FullBook.pdf

O’Connel, Susan. 2007. Introduction to Problem Solving. Portsmouth: Heinemann

OECD. 2016. PISA 2015 Result: What Students Know an Can Do Student performance in Reading, Mathe-matics and Science (Volume I). [ online]. Tersedia: http://dx-.doi.org/10.1787/9789264091450-en

Prametasari. 2012. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar IPA siswa SD Kelas V di SD Gugus Hasanudin Salatiga semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. [online]. Tersedia: http://reposi-tory.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/773/T1_292008001_BAB%20II.pdf?sequence=3

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva pers.

Rusman. 2011. Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Meme-cahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 02 No. 02. [online]. Tersedia: http://physicsmaster.org-free.com/Artikel%20&%20Jurnal/Wawasan%20Pendidikan/PBL%20Model.pdf

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wardhani, Sri. 2008. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA danTIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.