Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa

Hana Marinda, Sri Hastuti Noer, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to improve student's mathematical critical thinking ability and self confidence through application of problem based learning. The research population were all students grades VII of SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 who distributed in seven class. The research sample were students grades VIIC and VIID that were chosen by purposive sampling technique. The research design was the pretest-postest control group design.The result of this research show that learning using PBL model couldimprove student's mathematical critical thinking ability, but couldn’timprove student's self confidence.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa melalui penerapan PBM. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII C dan VIII D yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa.

Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, self confidence


Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M dan Tina Rosyana. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. (Online), (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/12/ProsidingSemnasSTKIP20-14.pdf), diakses 8 Mei 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Hartati dan Hayat Sholihin. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 ITB. (Online), (http://portal.fi.itb.ac.id/snips2015/files/), diakses 14 Januari 2018.

Marsa, Bernando Satria. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Noer, Sri Hastuti.2010.Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Dan Reflektif (K2R) Matematika Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Pendidikan Matematika UPI.

Noer, Sri Hastuti. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/7048/1/P33%20Dra.%20Sri%20Hastuti%20Noer.pdf), diakses 10 Oktober 2017.

Rodhiyatun, Emi. 2016. Efektivias Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/21443/), diakses 4 April 2018.

Somakim. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Universitas Sriwijaya. (Online), (http://eprints.unsri.ac.id/1526/1/08somakim_Matematika(4248).pdf), 10 Oktober 2017.

Suntoro, Agus. 2009. Eksperimen Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik dengan Multimedia Komputer Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII. Tesis diterbitkan. (Online), (https://eprints.uns.ac.id/8166/1/80192107200905391.pdf), diakses 15 Oktober 2017.

Suratman, Dede, Bambang Hudiono dan Arifin. 2014. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Gradien di SMP. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/35391/2/ZULFAH%20UBAIDILLAHFITK.pdf), diakses 15 Oktober 2017. Skripsi Pendidikan Matematika UIN Jakarta.

Triyanto, Eko. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pross Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. (Online), Vol. 1 No. 2 Hlm. 226-238, (http://core.ac.uk/download/pdf/12346538.pdf), diakses 10 Oktober 2017.

Waspandany, Elok. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.