Efektivitas Strategi Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Abstract
This experimental research aimed to find out the effectiveness of metacognitive strategy in increasing student’s mathematical critical thinking ability. The population of this research was on entire students of grade VIII of Junior High School Global Madani Bandar Lampung of 2017/2018 as many as 95 students. The sampling was cluster random sampling technique. The design used in this research was the static-group pretest-posttest grup design. This experiment used Binomial Sign Test for a single sample test and Mann-Whitney U test for proving the hypothesis. So that, the metacognitive strategy was effective to increase student’s critical thinking ability.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan strategi metakognitif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 95 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling . Desain penelitian yang digunakan adalah the static-group pretest-posttest design. Pengujian Hiipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Binonial Sign Test for a single sample test dan uji Mann-Whitney U test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan didapat kesimpulan bahwa pembelajaran dengan strategi metakognitif efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.
Kata kunci: berpikir kritis matematis, efektivitas, strategi metakognitif
Full Text:
PDFReferences
Chairani, Zahra. 2015. Perilaku Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Math Didaktik Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 3, Hal. 200–210, (http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/30/27), diakses 28 Oktober 2017.
Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20, Tahun 2016, Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 21, Tahun 2016, Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Hasanah, Inas Zahra. 2017. Analisis Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Penggunaan Teorema Phytagoras Dintinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kaudfledt, Maria. 2008. Wahai Para Guru, Ubahlah Cara Mengajarmu. Jakarta: PT. Indeks.
Khun, D. 1999. A Development Model of Critical Thinking Educational Researcher. American Educational Research Journal. (Online), Vol. 28, No. 2, Hal. 16─26, (http://www.tc.columbia.edu/facultyprofile/files/uhn_1999_developmentalmodelofcriticalthinking.pdf), diakses 28 Oktober 2017.
Kramarski, B & Meverech, Z. R. 1997. IMPROVE: A Multidimentional Method for Teaching Mathematics in Heterogeneous Classroom. American Educational Resea rch Journal. (Online), Vol. 34, No. 2, Hal. 365–394,(http://www.researchgate.net/profile/Bracha_Kramarski/publication/250185023_IMPROVE_A_Multidimensional_Method_for_Teaching_Mathematics_in_Heteregeneous_Classroom/links/5523dc6e0cf223eed37ffed2/IMPROVE-A-Multi dimensional-ethod-for-Teach ing-Mathematics-in-Heterege neous-Classroom.pdf), diakses 28 Oktober 2017.
Kramarski, B. Meverech, Z. R. & Arami, Marsel. 2002. The Effects of Metacognitive Instruction on Solving Mathematical Authentic Tasks. Kluwer Academic Publishers Journal. (Online), Vol. 49, No. 2, (http://link.springer.com/ article/10.1023/A:1016282811724), diakses 28 Oktober 2017.
Lobato, J. Clarke, D. & Ellis, A. 2005. Initiating and Eliciting in Teaching: A Reformulation of Telling. Journal for Research in Mathematics Education. (Online), Vol. 36, Hal. 101-136, (http://eric.ed.gov?/id=EJ764977), diakses 28 Oktober 2017.
Maulana, 2008. Pendekatan Metakognitif sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar.(Online), (http://www.edudioub.ac.id/index.php/erudio/ article/download/151/144), diakses 28 Oktober 2017.
Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Noer, Sri Hastuti & Desy Pratiwi Herdyen. 2015. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurnal Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), Hal. 429–432,. (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/semnas.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-62.pdf), diakses 28 Oktober 2017.
Noordyana, Mega Achdisty. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Musharafa Pendidikan Matematika STKIP Garut. (Online), Vol. 8, No. 2, Hal. 28–35, (https:///media.neliti.com/media/publications/226681-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis-m-16642404.pdf), diakses 28 Oktober 2017.
Sari, R, T. A Kuamayadi, & I. Sujadi. 2016. Aktivitas Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Dintinjau dari Gender Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (Online), Vol. 4, No. 5, Hal. 496–509, (http://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/viewFile/10916/9791/), diakses 28 Oktober 2017.
Sarwono, Sarlito. W. 2016. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Shodiq, Lukman Jakfa & Tirta, I Made. Analisis Soal Matematika TIMSS 2011 dengan Indeks Kesukaran Tinggi bagi Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Jember. (Online), (http://repository.unej.ac.id/bilstream/handle/123456789/62569/Artikel%20Semnas%202015%20Lukman%20+%20Sertifikat.pdf?sequence=1), diakses 28 Oktober 2017.
Soedjaji. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Ditjen Dikti Depdiknas.
TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Boston: Boston College.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.