Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Confidence
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of discovery learning modelin terms of students reflective thinking and self confidence. The population of this research was all seventh gradestudents of SMP Negeri 19 Bandarlampung in Academic Year 2017/2018 that were distributed into 10 classes. The samples of this research were students of VII-D and VII-G classes which were chosen by purposive sampling. This research used pretest-posttest control group design. The data analysis which was used test and proporsi test. Based on the results of t test analysis and proportion test, the average increase in the ability of relational thinking and self confidence students who follow discovery learning is higher than students who follow conventional learning. Based on the result of this research and criticism, it was concluded that the implementation of discovery learning model was effective in terms of students reflective thinking, but wasn’t effective in terms of students self confidence.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-D dan VII-G yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji dan uji proporsi. Berdasarkan hasil analisis uji dan uji proporsi, rata-rata peningkatan kemampuan berpikir relektif dan self confidence siswa yang mengikuti discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif siswa tetapi tidak efektif ditinjau dari self confidence siswa.
Kata Kunci: berpikir reflektif, discovery learning, self confidence.
Full Text:
PDFReferences
Anderson, J. dan Bobis, J. 2005.In Chick, H. L. & Vincent, J. L. (Eds.). Reform-Oriented Teaching Practices: A Survey of Primary School Teachers: Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol 2. Melbourne: Australia. (Online), (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjH-_LWkcPbAhXIfisKHUc2DX0QFggpMAA&url=https%3A%2F%2Fwww.emis.de%2Fproceedings%2FPME29%2FPME29RRPapers%2FPME29Vol2AndersonBobis.pdf&usg=AOvVaw0PQzjwvNXVyitHFbf7K6sN), diakses 8 Januari 2018.
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.
Fadilla, Dina Cahya. 2017. Efektivitas Guided Discovery LearningDitinjau dari Kemampuan RepresentasiMatematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol.5, No. 7, Halaman 815 – 829,.(http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13816/pdf&hl=id-ID&tg=330), diakses 2 Juni 2018.
Haeruman, Leny Dhianti. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. JPPM Vol. 10 No. 2. (Online), (http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/2040/1582), diakses 2 Juni 2018.
Hapsari, Mahrita Julia. 2011. Upaya Meningkatkan Self-Confi-dence dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing.Yogya-karta:Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Juru-san Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (https://core.ac.uk/download/pdf/11064949.pdf), diakses 1 Januari 2018.
Haryati, Tati. Nindiasari, Hepsi dan Sudiana, Ria. 2017. Analisis Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. JPPM Vol. 10 No.2 (2017): Pendidikan Matema-tika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. (Online), (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwiJnaHxi8PbAhVNcCsKHcBbC5QQFggpMAA&url=https%3A%2F%2Fjurnal.untirta.ac.id%2Findex.php%2FJPPM%2Farticle%2Fdownload%2F2039%2F1581&usg=AOvVaw1JEDrI-x29e8onnWZL-36he), diakses 3 Januari 2018.
Martyanti, Adhetia. 2013. Membangun Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pende-katan Problem Solving. Yogyakarta:Prosiding Semi-nar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2013. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10726/), diakses 3 Februari 2018.
Nasriadi, Ahmad. 2016. Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Mate-matika Ditinjau dari Perbe-daan Gaya Kognitif. STKIP Bina Bangsa Getsempena. (Online), (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjwsfbtj8PbAhULXn0KHZvLCO4QFggpMAA&url=http%3A%2F%2Fnumeracy.stkipgetsempena.ac.id%2Fhome%2Farticle%2Fdownload%2F29%2F29&usg=AOvVaw1P_qVTuBv6gY6FZkgfgvZh), diakses 3 Januari 2018.
Organisation for Economic Coopera-tion and Development (OECD). 2016. PISA 2015 Result:Student’s Financial Literacy. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-infocus.Pdf), diakses 10 Desember 2017.
Sabandar, Jozua. 2010. Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Prodi Pendidikan Matematika Se-kolah Pascasarjana UPI. (Online), (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjV7eKNkMPbAhWCbn0KHdw1CbgQFghIMAM&url=http%3A%2F%2Ffile.upi.edu%2FDirektori%2FFPMIPA%2FJUR._PEND._MATEMATIKA%2F194705241981031-JOZUA_SABANDAR%2FKUMPULAN_MAKALAH_DAN_JURNAL%2FBerpikir_Reflektif2.pdf&usg=AOvVaw1qVzOvmH_fwE1LNV6vS84-), diakses 10 Desember 2017.
TIMSS. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS & PRILS International Study Centre. (Online), (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiO3PD4kcPbAhWLTn0KHW3QCLkQFghNMAA&url=https%3A%2F%2Ftimssandpirls.bc.edu%2Ftimss2011%2Fdownloads%2FT11_IR_Mathematics_FullBook.pdf&usg=AOvVaw1ieF102EM39OeKHyhrijVK), diakses 10 Desember 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.