Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
This research was aimed to know the influence of cooperative learning model of think pair share type towards student’s mathematical communication skill. The population of this research was all grade eight students of Junior High School state of 5 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 which were distributed into eleven classes. The samples of this research were students of VIII E as experiment class and students of VIII F as control class that were chosen by purposive sampling. The design of this research was posttest control group design. The research data were obtained by the test of mathematical communication skill. The data analysis of this research used t test. Based on the analysis of data, it was concluded that the cooperative learning model of think pair share type influence in students’ mathematical communication skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII F sebagai kelas control yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: komunikasi matematis, pengaruh, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Alhaq, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung. (Online), (jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/7431), diakses 17 Maret 2017.
Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematika: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.
Asmin. 2003. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Kendala yang Muncul di Lapangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 44. (Online), (www.depdiknas.go.id/jurnal/44/asmin.htm), diakses 17 Maret 2017.
Damayanti, Anggita. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP – Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (Online), (https://anggitaata.wordpress.com/2012/08/15/abstrak/), diakses 13 April 2018.
Depdiknas. 2003. UU NOMOR 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang. (Online), (http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199/197), diakses 17 Maret 2017.
Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Gultom, Sanggam P dan Golda Novatrasio S. Siregar. 2015. Pengaruh Model Tipe Think Pair Share Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan Pendidikan Mate-matika FKIP Universitas HKBP Nommensen. (Online), (http://jpmt.uhn.ac.id/wpcontent/uploads/2018/04/09-SanggamdanGolda.pdf), diakses 13 April 2018.
Indrawati, F. 2013. Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 3(3), 215-223. (Online), (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/126/122), diakses 13 April 2018.
Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY. (Online), (https://bundaiza.files.wordpress.com/2012/12komunikasi_matematik_dan_pmrprosiding.pdf), diakses 17 Maret 2017.
Juwita, Jennie Nuari. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3364), diakses 25 Januari 2018.
Mullis, I.V.S., Michael O., Pierre Foy, & Alka Arora. 2012. TIMSS 2011. Internasional Results in Mathematics. (Online), (http://timss.bc.edu), diakses 17 Maret 2017.
Suripto, Adi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/10519), diakses 22 Januari 2018.
Trisianawati dan Darmawan. 2016. Peranan Dosen Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Pada Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Vol. 4 No. 2. (Online), (http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JEMS), diakses Maret 2017.
Vitriani, dkk. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA UNP Vol. 3 No. 1. (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1205/897), diakses 17 Maret 2017.
Yonandi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kontekstual berbatuan Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 02 No. 02 Hlm. 133-146. (Online), (http:/jurnalmat.Webs.com/JURNAL_Yonandi_133_146.doc), diakses 12 April 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.