Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Citra Nur Dewi, Haninda Bharata, M. Coesamin

Abstract


This research is a kind of quasi experimental research that aims to find out the effectiveness of problem-based learning model in terms of the ability of understanding the mathematical concepts of students. The population in this research is the entire class VII students of SMP Negeri 21 Bandarlampung years lessons 2017/2018 distributed in 9 class. The sample of this research was a Class VII-D and VII-E are chosen by purposive sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Research data obtained through mathematical concept understanding ability test students. Statistical tests are used namely test-t and z-test. The results of the analysis of the data indicates that effective problem-based learning model in terms of understanding the mathematical concepts of students.

 

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-D dan VII-E yang dipilih dengan  teknik purposive sampling. Design penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu uji-t dan uji-z. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

 

Kata Kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, pembelajaran berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), Pandeglang, Volume 11 No.2, (jurnal.upi.edu), diakses 6 November 2017.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. (Online), (http://luk.-staff.ugm.ac.id), diakses 27 November 2017.

Ernawati. 2003. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMU Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: FMIPA UPI.

Irawati 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi diterbitkan. (Online), (https://www.neliti.com.id), diakses 10 November 2017.

PISA Indonesia. 2015. What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading, and Science. (Online), (http://www.oecd.org), diakses 9 Januari 2018.

Ruseffendi, E.T. 2006. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Susanto, A. 2015. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. (Online), Volume 4, (jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 20 Januari 2018.

TIMSS. 2015. International Results in Mathematics. (online), (http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/TII_IR_Mathematics_FullBook.pdf), diakses 7 Januari 2018.

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Depdiknas. Yogyakarta.

Virlianti, Y. 2002. Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.