Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
This research aimed to know the effectiveness of problem based learning towards students' mathematical communication skill. The population of this research was students of grade VII in SMP Negeri 3 Metro in academic year of 2017/2018 that were distributed into 7 classes. The samples of this research was students of class VII-D and VII-E which were chosen by purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. Research data were obtained through test of mathematical communication skill. The statistical test used was t-test and z-test. Based on the result of the research, it was concluded that problem based learning was not effective towards students' mathematical communication skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-D dan VII-E yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu uji-t dan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problem based learning tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Della. 2016. Efektivitas Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Unila, Volume 04 No. 01, (jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 17 Maret 2018.
Depdikas. 2014. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Depdiknas: Jakarta.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Thesis diterbitkan. (Online), (http://repository.upi.edu), diakses 31 Oktober 2017.
Hartati dan Hayat Sholihin. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model PBL pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 ITB. (Online), (http://portal.fi.itb.ac.id), diakses 12 Juni 2017.
Ibrahim dan Suparni. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Teras.
Lidinillah, Dindin A.M. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif (Online), (http://file.upi.edu), diakses 23 Mei 2017.
Mawartika, Risda. 2017. Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Unila, Volume 05 No. 07, (jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 17 Maret 2018.
Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. PISA 2015 Results in Focus. (Online), (http://oecd.org), diakses 8 Mei 2017.
Silva, Evy Yosita. 2011. Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Uncertainty untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Unsri, Volume 05 No. 01, (http://ejournal.unsri.ac.id), diakses 31 Oktober 2017.
Yonandi. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer pada siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.