Deskripsi Percakapan Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik

Kumalasari Anisa Teladan, Tina Yunarti, Haninda Bharata

Abstract


Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa di kelas VII-H SMP Negeri 20 Bandarlampung selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode Socrates dalam pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-H di SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan kritis matematis terdapat: (1) indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang muncul yaitu interpretasi, analisis, dan evaluasi, (2) tipe pertanyaan Socrates yang paling banyak digunakan yaitu klarifikasi dan alasan-alasan dan bukti penyelidikan, dan (3) tahapan saintifik yang paling banyak dilakukan yaitu tahapan communicating

 

This qualitative research aimed at description students’ mathematical critical conversation at VII-H class of SMP Negeri 20 Bandarlampung during the learning process by using Socrates method in ScientificApproach. The subject of this research was VII-H students of SMP Negeri 20 Bandarlampung in 2017/2018 year. The data in this research was qualitative data about students’ mathematical critical conversation that was obtained by field notes, observation sheet, documentation, and interview. The data were analyzed through three phases, those are; data reduction, data presentation, and conclusion taking. Regarding to the result of the research, it can be conluded that in mathematical critical conversation there were: (1) indicator of mathematical critical thinking ability was arisen, those are; interpretation, analysis, and evaluation, (2) Socrates’s types of question much used  were; clarification and reasons and evidence of the investigation, and (3) scientific phase much done was communicating step. 

Kata kunci: metode Socrates, pendekatan saintifik, percakapan kritis matematis


Full Text:

PDF

References


Georgia Council of Teachers of Matematics (GCTM). 2015. Why Number Talks by NCTM. (Online), (new.gctm-resources.org ), diakses 2 November 2017.

Garcia, Lisa Ann de. 2010. How to Get Students Talking!.Math Solution. (Onlie), (http://www.mathsolutions.com), 2 November 2017.

Hunaifi. 2017. Deskripsi Percakapan Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Khairuntika. 2016. Metode Socrates dalam Mengembangkan Ke-mampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding. (Online), (https://publikasiilmiah.ums.ac.id), diakses 5 November 2017.

Lanani, Karman. 2013. Belajar Berkomunikasi dan Komunikasi untuk Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. (Online), Vol. 2, No.1, (http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/78/75), dikases 23 Maret 2018.

Nurwantoro, Iwan. 2015. Efektivitas Pembelajaran Socrates Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. (Online), Vol. 3, No. 6, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 5 November 2017.

Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional. (Online), Vol. 5, No. 3, (http:// www.jurnalpendidikanprofesional.com/index.php/JPP/article/download/186/pdf_104), diakses 5 November 2017.

Sulastri. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 5 Kota Bandung tahun 2015. Jurnal Tarbawy. (Online), Vol. 2, No. 1, (http://ejournal.upi.edu), diakses 7 November 2017.

Sulistiowati, Dwi Laila. 2015. Analisis Deskriptif Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Kontekstual (Penelitian Kualitatif Di SMP Al-Kautsar Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Susanto, J. 2015. Peningkatan Ko-munikasi Belajar Matematika Siswa dengan Strategi Pembelajaran Pair Checks Berbantu Media Komputer. (Online), (http://eprints.ums.ac.id), diakses 2 Mei 2018.

Wati, Rusmansyah, dan Sholahuddin. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Konsep Sistem Koloid Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. (Online), Vol. 5 No. 2, (http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/1197), diakses 3 November 2017.

Yunarti, T. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.