Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik

isni Nurkhayati, Tina Yunarti, Sugeng Sutiarso

Abstract


This qualitative research is aimed to describe the students critical mathematicalthinking disposition on Socrates Scientific learning. The subject of this research were the students of class VII-A of SMPN 1 Natar 2017/2018 academic year. The data of this research were qualitative data about students critical mathematical thinking disposition which were gotten by observation, interview, and documentation. The data analysis technique of this research used three stages, that were reducting, displaying, and getting conclusion of data. Based on the result of research, it could be concluded that during the learning process by the Socrates Scientific method, the disposition of the studensts critical mathematical thinking are self confident, curiosity, and the truths seeking.

 

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Natar semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian ini adalah data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa selama proses pembelajaran dengan metode Socrates Saintifik, disposisi berpikir kritis matematis siswa yang dominan muncul adalah kepercayaan diri, rasa ingin tahu, dan pencarian terhadap kebenaran.

 

Kata kunci: disposisi berpikir kritis, metode socrates, pendekatan saintifik


Full Text:

PDF

References


Dianita, Rizki Asri. 2017. Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Saintifik (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-L Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses Oktober 2017.

Herlina, Elda. 2013. Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan APOS. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Volume 2 No. 2, (http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/33), diakses Oktober 2017.

Hudoyo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Maulana. 2013. Mengukur dan Mengembangkan Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar. (Online), Volume 4, No. 2, (http://file.upi.edu/Direktori/KD-SUMEDANG/198001252008121002-MAULANA/Artikel/Artikel/Jurnal%20Disposisi%20Kritis%20Kreatif-MAULANA.pdf), diakses Februari 2018.

Mentari, Julia Sekar. 2017. Deskripsi Percakapan Representasi Matematis Siswa dengan Metode Socrates dalam Pendekatan Saintifik. Skripsi diterbitkan. (Online), (https://digilib.unila.ac.id), diaksesOktober 2017.

Pratama, Aan Budi. 2013. Penerapan Pembelajaran Socrates dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Warman, Dewi. 2013. Hubungan Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiVrtmnjsPbAhVCSX0KHcrPAO4QFggoMAA&url=http%3A%2F%2Fejournal.unp.ac.id%2Fstudents%2Findex.php%2Fpgeo%2Farticle%2Fdownload%2F576%2F335&usg=AOvVaw2xL3je38Pp5cG-AkEetZga), diakses Maret 2018.

Wijayanti, Chusna. 2017. Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Saintifik (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-F SMPN 22 Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses Juni 2017.

Yulisa. 2015. Disposisi Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Soctrates dan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=315095&val=7232&title=DISPOSISI%20BERPIKIR%20KRITIS%20MATEMATIS%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20DENGAN%20METODE%20SOCRATES%20DAN%20PENDEKATAN%20KONTEKSTUAL), diakses Oktober 2017.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.