Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

wayan Widya Rani, Sugeng Sutiarso, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research was a quasi-experimental research that aimed to find out the effectiveness of guided discovery learning in terms of student’s mathematical problem solving skill. The population of this research was 8th grade students of SMP Negeri 18 Bandarlampung in academic year 2017/2018 that were distributed into 10 classes. The samples of this research were students of VIII-H and VIII-J class which were chosen by purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. The research data were obtained by the test of mathematical problem solving skill. Based on the hypothesis test using Mann Whitney U test on mathematical problem solving skill and proportion test using Binomial Sign test showed that the guided discovery learning model was effective in terms of student mathematical problem solving skill.

 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VIII-H dan VIII-J yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan uji proporsi menggunakan uji Binomial Sign Test menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pembelajaran penemuan terbimbing, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Afifah, Ilma Rizki. 2016. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa MAN Yogyakarta. Tesis diterbitkan. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/eprint/32721), diakses 23 Maret 2018.

Azizah, Nurul. 2016. Penerapan model guided discovery dalam meningkatkan kemampuan problem posing dan kemampuan pemecahan masalah serta dampaknya terhadap penurunan kecemasan matematis siswa (di SMP IT ANNI’MAH). Thesis S2 diterbitkan. (Online), (http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12350), diakses 16 Februari 2018.

Bidari, Masgusti Dinda. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Dale H. Schunk. 2012. Teori-teori Pembelajaran: Perpektif Pendidikan Edisi ke Enam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2016. Kebijakan Kurikulum Pada Tahun 2016. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Fitriyani, Syawalia. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud

No.58 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), (http://dikbud.lombokbaratkab.go.id/uploaded/Permendikbud_Tahun2016_Nomor024.pdf), diakses 17 November 2017.

Muchlis. Effie Efrida. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta. Vol. 10, No. 2 Hlm. 136-139. (online), (http://repository.unib.ac.id/id/eprint/519), diakses 04 Desember 2017.

Nugroho, Dheni. 2016. Efektivitas Pembelajaran dengan Pende-katan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) dan Pen-dekatan Ekspositori Pada Kompetensi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/782), diakses 16 November 2017.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. (online). (https://www.o-ecd.org/pisa/pisa-2015-results-in -focus.pdf), diakses 5 Oktober 2017.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. Makalah pada Seminar Hasil TIMSS 2015. (Online), (http://puspendik.kemendikbud.go.id/seminar/upload/Rahmawati seminar hasil TIMSS 2015.pdf), diakses 04 Desember 2017.

Republik Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. LemBaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013, No. 71. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta. Volume 9, No 1. (online), (http://www.pps.unja.ac.id), diakses 20 Februari 2018.

Wahyu, Yoppy Purnomo. 2011. Keefektivan Model Penemuan Terbimbing dan Kooperatif Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran. Vol. 4, No. 1 Hlm. 39-40. (online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/503), diakses 5 Oktober 2017.

Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Prosiding Program Bermutu: Better Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (online), (http://p4tkmatematika.org), diakses 12 November 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.