Pengaruh Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Yuri Tri Andini, Sugeng Sutiarso, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of Cooperative Learning Think Pair Share type towards student’s mathematical representation skill. The population was all student’s of class VII SMP Negeri 2 Gadingrejo in academic year 2017/2018 which were distributed in eight classes. The sample of this study were all student’s of class VII-C and VII-D selected using purposive sampling technique. The research design was pretest-posttest control group design. The research data were obtained by essay test of mathematical representation. The statistical test used was Mann-Whitney  test. Based on the result of the research and discussion, it was concluded that cooperative learning think pair share type was influenced towards student’s mathematical representation skill.

 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gadingrejo tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-C dan VII-D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain Penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data kemampuan representasi matematis siswa diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis berbentuk uraian. Uji statistik yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney . Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

 

Kata kunci: kemampuan representasi matematis, pengaruh, think pair share


Full Text:

PDF

References


Alhadad, Fadilah Syarifah. 2010. Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), UPI Volume 13, No.2, Hal.2, (http://jurnal.upi.edu), diakses 12 Januari 2018.

Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. (Online), STKIP Siliwangi Bandung, Volume 2, No.1, (http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view), diakses 26 Januari 2018.

Mullis, Ina V, et al. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics (Trends in International Mathematics and Science Study at the Fourth and Eight Grades). Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Nanda, Evi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. Bandarlampung: Unila. (Online), (http://digilib.unila.ac.id%2SKRIPSI%FULL.pdf), diakses 28 November 2017.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

OECD. 2015. PISA 2015 Results in Focus. (Online), (https: //www. oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 7 Desember 2017.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http:// timms2015.org/timss-2015/mathematics/student-achievement/distribution-of-mathematics-achievement), diakses 8 Desember 2017.

Utami, Selvy Dwi. 2015. Efektivitas Penerapan Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis. Skripsi diterbitkan. Bandarlampung: Unila. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 22 Maret 2018.

Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2014 . Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Widyastuti. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Elicting Activities Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2011: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.