Pengaruh Strategi Relating Experiencing Apllying Cooperating Transferring Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Ulfah Aprilina, Rini Asnawati, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research was a quasi-experimental research that aimed to find out the influenced of relating experiencing apllying cooperating transferring (REACT) Strategy towards student's mathematical representation skill. The population of this research was all students of  grade 7th SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that consist of 245 students. The sample of this research were students of  VII-F class that consist of 30 students and VII-H class that consist of 30 students that were choosen by purposive sampling tehnique.  This research design was pretest-posttest control group design. The data of this research was obtained by test  (pretest-posttest) of mathematical representation skill. The statistical test that has been used was Mann-Whitney U. The result of this research shown that REACT strategy affected the student’s mathematical representation skill. 

 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh srategi relating experiencing apllying cooperating transferring (REACT) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 245 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-F berjumah 30 siswa dan siswa kelas VII-H berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik puposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes (pretest-posttest) mengenai kemampuan representasi matematis. Uji statistika yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney  Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi REACT berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

 

Kata Kunci: kemampuan representasi matematis, pengaruh, strategi relating experiencing apllying cooperating transferring


Full Text:

PDF

References


Apriyadi, Samsul. 2015. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-104.pdf), diakses 21 Oktober 2017.

Aryanti, Devi. 2013. Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Untan. (Online), (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/812/pdf), diakses 21 Oktober 2017.

Martina.2015. Pengembangan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Strategi REACT Dalam Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Untan. (Online), (http://jurnal .untan.ac.id/index.php/jpdpd/article/view/22670/0), diakses 21 Oktober 2017.

OECD. 2015. PISA Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Literacy, OECD (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 6 November 2017.

Riyanto dan Muslim. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknik Elektro Pendidikan. (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/article/10207/44/atticle.pdf), diakses 21 Oktober 2017.

Sabirin, Muhamad. 2014. Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 01, No.2 (https://media.neliti.com/media/publications/121557-ID-representasi-dalam-pembelajaran-matemati.pdf), diakses 21 Oktober 2017.

Sheskin, david. 2000. Handbook Of Parametric and Nonparametric Statistical Procedures. America: the United States of America.

Suherman, erman dkk, 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tyas, Sujadi, dan Riyadi. 2016. Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP N 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9218), diakses 21 Oktober 2017.

Yuniawatika. 2011. Meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa sekolah dasar melalui pembelajatan matematika dengan strategi REACT. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), (http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2830), diakses 12 Januari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.