Pengembangan LKPD Berbasis POE Pada Konsep Kesebangunan untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik dalam meningkatkan kemampuan argumentasi matematika siswa, dengan konsep kesebangunan dan kekongruenan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Semaka Tahun Ajaran 2017-2018, sebagai sampel kelas IX.A dan IXB. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Efektivitas diukur berdasarkan n-Gain hasil tes yang dianalisis dengan uji-t, respon siswa terhadap lembar kerja siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa cukup efektif meningkatkan kemampuan argumenntasi matematika siswa, yang dibuktikan dengan n-Gain kelas eksperimen (0,64) lebih tinggi dan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (0,21). Hasil uji keterlaksanaan lembar kerja peserta didik oleh guru 90,00% (sangat baik), serta persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa (96,83%) dengan kriteria “terlaksana dengan baik”
Kata kunci: LKS, poe, kemampuan argumentasi
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, 2015. Guru Sains Sebagai Inovator. Merancang Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Akademi.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penilaian Program Pendidik-an. Jakarta: Bina Aksara.
Borg &Gall,2003. Education Research. New York : Allyn and Bacon.
Brooks, M.G.1999. In search of understanding: The Case for constructivist classrooms.
Creswell,J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. . London: SAGE Publication.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta.
Erduran, S., Simon, S. & Osborne, J. (2004). TAP ping into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s argument pattern for studying science discour-se. Science Education, 88(6), 915-933.
Erduran, S. Ardac, D. & Guzel, B.Y. 2006. “Learning To Teach Argumentation: Case Studies of Pre-Service Secondary Science Teachers”. Eurasia Journal of Mathe-matics, Science and Technology Education, 2, (2): 1-13
Malcolm. 2011. Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra,
Permendiknas, R. I. No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Prastowo, 2015. Panduan Kreatif Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Restami, M.P., K, Suma; dan M, Pujani 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. (Tesis). Singaraja: Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.
Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunyono 2014. Model Pembelajar-an Berbasis Multipel Repre-sentasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Press.
Suriasumantri, Jujun S. 2009. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.