Efektivitas Creative Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Confidence

Fandy Adhiatama, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research is aimed to find out the effectiveness of creative problem solving towards students’ reflective thinking ability and self confidence. The population of this research was all of seventh grade students of SMP Negeri 10 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 who were distributed into eleven classes. The samples of this research were students of VII-I and VII-K class that were chosen by purposive sampling technique. The design used the static group pretest-posttest design. The data of this research were obtained by mathematical communication ability test and self confidence scale. The data analysis which was used was Chi-Square test, Mann-Whitney U test, and test. Analysis test shows that gain of student’s self confidence in creative problem solving class isn’t higher than in conventional learning class. Based on the research, it can be concluded that CPS model is not effective towards students’ mathematical reflective thinking ability and self confidence.

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model CPS ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self confidence siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan VII-K yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah the static group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Kuadrat, uji Mann-Whitney U, dan  uji  Analisis uji  menunjukkan bahwa peningkatan self confidence siswa pada kelas yang mengikuti pembelajaran creative problem solving tidak lebih tinggi dibandingkan dengan kelas konvensional. Berdasarkan hasil analisis uji  diperoleh kesimpulan bahwa model CPS tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self confidence siswa.

 

Kata kunci: berpikir reflektif, creative problem solving, self confidence


Full Text:

PDF

References


Angkotasan, Nurma. 2013. Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 8 No. 1, Juni 2013, Hal 92-100, (http://journal.uny.ac.id/i ndex.php/pythagoras), diakses 10 Oktober 2017.

Mahmudah, Rosita. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/seminasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-132.pdf), diakses 18 November 2017.

Martono. 2008. Upaya Peningkatan Partisipasi Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan melalui Metode Peer Teaching dan Brainstroming. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), No. 075, November 2008, (http://jurnaldikbud.kem dikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/382/256), diakses 18 Desember 2017.

Martyanti, Adhetia. 2013. Membangun Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2013. (Online), (http://eprints.uny.ac. id/10726/), diakses 10 Oktober 2017.

Musyaddad, Kholid. 2013. Problematika Pendidikan di Indonesia. (Online), Edu-Bio: Jurnal Pendidikan Biologi, Volume 4 Tahun 2013, (http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edubio/article/view/378), diakses 6 November 2017.

Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2008. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/id/ eprint/6943), diakses 10 Oktober 2017.

________. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi Pendidikan Matematika Sekolah Paska Sarjana UPI. Tidak diterbitkan.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. PISA 2015 Result: Students’ Financial Literacy. (Online), (http://www.oecd.org /pisa/pisa-2015-results-infocus. Pdf), diakses 12 Oktober 2017.

Permendikbud. 2014. Lampiran III Permendikbud nomor 58 tahun 2014. Jakarta: BSNP.

Purwati. 2015. Efektifitas Pendekatan CPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika. (Online), Volume 1 No. 1, April 2015, (http://id.portalgaruda .org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=340339), diakses 10 Oktober 2017.

Sapitri, Mega Nonik. 2017. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/27442/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf), diakses 15 Desember 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.