Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence

Ana Dianti, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to determine the influence of problem based learning towards student's mathematical reflective thinking ability and self confidence. The research population were all students grades VIII of SMP Negeri 22 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that were distributed into eleven classes. The research sample were grades VIII F and VIII H that were chosen by purposive sampling technique. The research design was the pretest-postest control group design. The data analysis used is t-test and t’-test. The research result shows that gain of student’s mathematical reflective thinking ability in problem based learning class is higher than in conventional learning class, and self confidence isn’t higher than. Based on results and discussion, it can be concluded that problem based learning model has influence towards student's mathematical reflective thinking ability, but hasn't influence towards student's self confidence.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian dua kelas yaitu kelas VIII F dan VIII H yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji  dan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sedangkan yang self confidence tidak lebih tinggi. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis, namun tidak berpengaruh terhadap kemampuan self confidence siswa.

 

Kata kunci: berpikir reflektif, problem based learning, self confidence


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, Evi., dan Wardani, O.P. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Amelia, Rizki. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sigli. Skripsi diterbitkan. (Online), (https://repository.arraniry.ac.id/757/, diakses 26 Maret 2018.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartika, Eka Yulli. 2017. Analisis Berpikir Reflektif Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Asam Basa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://www.repository.uin-jkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35270), diakses 7 Januari 2018.

Kartini, Iin. 2016. Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK. Tesis diterbitkan. (Online), (http://repository.unpas.ac.id/1194/), diakses 5 November 2017.

Linta, Rahmawatiningrum. 2012. Efektivitas Penggunaan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Semester II di SDIP H. Soebandi Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.uksw.edu/handle/123456789/845), diakses 5 November 2017.

Martyanti, Adhetia. 2013. Membangun Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10726/), diakses 6 November 2017.

Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/6943/1/P-22%20Pendidikan%28Sri%20Unila%29.pdf), diakses 8 November 2017.

Noer, Sri Hastuti. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/7048/1/P33%20Dra.%20Sri%20Hastuti%20Noer.pdf), diakses 7 Mei 2017.

Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung Universitas Pendidikan Indonesia.

Rodhiyatun, Emi. 2016. Efektivitas Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/21443/), diakses 20 Maret 2018.

Syam, Asrullah, dan Amri. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek Universitas Muhammadiyah Parepare. (Online), Vol. 5, No. 1, (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3448/3243#), diakses 5 Maret 2018.

Zulfikar, Ahmad. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Master Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.uin-jkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33733), diakses 5 November 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.