Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Ethnomathematics Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
This research was aimed to find out the effectiveness of inquiry learning model based on ethnomathematics in terms of mathematical problem-solving skill. The population of this research were all eighth grade students of SMP Negeri 1 Bulok in the academic year of 2017/2018 that were distributed into 5 classes. The samples of this research were students of VIIIB which were chosen by using purposive sampling technique. The research design was one group pre-test post-test. Research data were obtained through mathematical problem-solving skill test. The data analysis used for this research was Wilcoxon test. Based on the result of this research, it was concluded that inquiry learning model based on ethnomathematics was not effective in terms of student’s mathematical problem-solving skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbasis ethnomathematics terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulok tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian adalah kelas VIIIB yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis ethnomathematics tidak efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, model pembelajaran inkuiri berbasis ethnomathematics, pemecahan masalah matematis
Full Text:
PDFReferences
Abdulah, Mastur & Sutarto. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/9056), diakses 8 Oktober 2017.
Anggraini, Winda. 2015. Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 7 Oktober 2017.
Annisa, Siti. 2017. Efektivitas Model Inquiry Learning dtinjau dari Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/), diakses 7 Oktober 2017.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astria, Yeni. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.unib.ac.id/8726/), diakses 12 Desember 2017.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Fujiati dan Mastur. 2014. Keefektifan Model POGIL Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/file_unduh/3/1095/1095-2093-1-PB.pdf), diakses 8 Oktober 2017.
Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6. (1). 133-138. (Online), (https://scholar.google.co.id/), diakses 27 Oktober 2017.
Lestari, Fuji. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi ditebitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/), diakses 7 Oktober 2017.
Lestari, K.E dan M. Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mahendra, I.W Eka. 2017. Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 1 No. 6 April 2017. (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9257/6329), diakses 27 Oktober 2017.
Marsigit & Rahmawati. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 6 Tahun 2017. (Online), (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pmath/article/viewFile/7842/7469), diakses 8 Oktober 2017.
NCTM. 2018. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, Via: NCTM. (Online), (https://www.nctm.org/Stand-ards-and-Positions/Principles-and-Stand-ards/Principles,Standar-ds,and-Expectations/), diakses 18 Mei 2018.
OECD. 2015. pisa-2015-results-in-fo-cus.pdf. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-
in-focus.pdf), diakses 2 Mei 2017.
Purnamawati, Dian. 2017. Pengembangan LKS Materi Suhu dan Kalor dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa SMK. Tesis diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 26 Oktober 2017.
Rakhmawati M, Rosida. 2016. Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7, No. 2, 2016, Hal 221-230. (Online), (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jaba-r/article/view/37/31), diakses 1 November 2017.
Rahmawati. 2016. Seminar Hasil TIM-SS 2015. (Online), (http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/RahmawatiSeminar%20 Ha-sil%20TIMSS%2-02015.pdf#pa-ge=1&zoom=auto,20,852), diakses 2 Mei 2017.
Rohani, Suci. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/), diakses 9 Oktober 2017.
Santyasa, I Wayan. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. (Online), (https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/41170972/MODEL_MODEL_PEMBELAJARAN.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1508980660&Signature=7Pm77fsOPnYdqF5IGv1njgNIVWU%3D&response-contentdisposition=inline%3B%20filename%3DMODEL_MODEL_PEMBELAJARAN.pdf), diakses 26 Oktober 2017.
Setiawan, Willy. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 24 April 2017.
Sirate, F. S. 2012. Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 15, No. 1, 2012, (Online), (http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/1610), diakses 27 Oktober 2017.
Sopamena & Yapono. 2016. Etnomatematika Masyarakat Maluku Tengah dan Kota Ambon: Pemikiran Matematika Dalam Multikultural. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya 2016 Volume 2, No. 2. Issn 2303-0992. (Online), (http://ejurnal.lp2m-iainambon.id/index.php/integral/article/view/434), diakses 8 Oktober 2017.
Suratno, Joko. 2013. Program Penelitian Ethnomathematics dan Implikasi langsungnya dalam Pembelajaran matematika. Jurnal penelitian dan Pembelajaran Matematika, 6(2), hal 137-143. (Online), (https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/33435525/Joko_Suratno_Program_Penelitian_Ethnomathematics_dan_Implikasinya_dalam_Pembelajaran_Matematika.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1527153372&Signature=61gNbp7f5tHJM4XEJagB9CqQ2P0%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DProgram_Penelitian_Ethnomathematics_dan.pdf), diakses 8 Oktober 2017.
Tadililing, Edy. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/10748/), diakses 27 Oktober 2017.
Yarmayani, Ayu. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 2016 Volume 6, No. 2. (Online), (https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=7863937009066656330&hl=en&as_sdt=2005&sciodt=0,5), diakses 5 Maret 2018.
Yuanari, Novita. 2011. Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 5 Wates Kulonprogo. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/2082/1/NOVITA_YUANARI_07301244091.pdf), diakses 5 April 2018.
Zhang dan Zhang. 2010. Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1. Hal 151-157. (Online), (http://www.edu-cationforatoz.net/images/_12_Weizhong_Zhang_and_Qinqiong_Zhang.pdf), diakses 5 Maret 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.