Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa

Dessy Indriyanti, Haninda Bharata, Sugeng Sutiarso

Abstract


This quasi-experimental research aimed to find out the influence of Inquiry Learning towards improvement of students’ critical thinking skills and self confidence. The population in this research was all students of eighth grade of SMP Islam Terpadu Bustanul Ulum Terbanggi Besar on academic year 2017/2018. The samples of this research were students of class VIII C and VIII D selected by using purposive random sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. The research data were obtained by the essay test of critical thinking skills and questionnaire non-test of self confidence. Analysis data of this research used t’ -test and non-parametric test, Mann Whitney U test. The results of this research concluded that inquiry based learning influence the improvement of students’ critical thinking skills and self confidence.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Bustanul Ulum Terbanggi Besar semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah Siswa kelas VIII C dan VIII D yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis berbentuk essay dan non-tes self confidence berbentuk angket. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t’ dan uji non parametrik yaitu uji Mann Whitney U. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa.

Kata kunci: inkuiri, kemampuan berpikir kritis, self confidence


Full Text:

PDF

References


Afdhal, M. 2015. Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.

Badar, Ibnu dan Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia.

Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Papers have been presented at The Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, May 2011.

Facione, P.A. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Hermosa Beach, CA: Measured Resources.

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Goel, M. Dan P. Aggarwal. 2012. A Comparative Study of Self Confidence of Single Child and Child with Sibling. International Journal of Research in Social Sciences, Volume 2 Issue 3 (Online), (http://pakacademicsearch.com/pdf-files/art/330/89-98%20 Volume%202,%20Issue%203%20(August%202012).pdf), diakses pada 18 Oktober 2018.

Haryani, Resti. 2012. Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 10 November 2012.

International Association for The Evaluation of Educational Achievement (IEA). 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timss2015.org/ timss2015/mathematics/student-achieve ment/), diakses 8 Oktober 2017

Julia Hapsari, Mahrita. 2011. Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 3 Desember 2011.

Jusniani, Nia. 2016. Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Paparan Wamendik: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawati, I.D, Wartono, dan M. Diantoro. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Volume 10, No.1.

Martyanti, Adhetia. 2013. Membangun Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2013.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. PISA 2015Result in Focus. (Online), (http://oecd.org), diakses 8 Oktober 2017.

Purwasih, Ratni. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Online), Volume 9 No.1, (http://http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113), diakses 18 Ferbuari 2018.

Wardhani dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta PPPPTK. (Online) (http://p4-tkmatematika.org) diakses 29 Oktober 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.