Efektivitas Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self-Concept
Abstract
This research aimed to find out the effectiveness of mathematical students’reflective thinking ability and self-concept. The population of research were students of grade VII in SMP Negeri 10 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that were distributed into 11 classes. The samples of research were students of VII C and VII F class which were chosen by purposive sampling technique. The design was pretest-posttest control group design. Research data were obtained through mathematical reflective thinking skills and self-concept scale. The data analysis used for this research were test and Mann-Whitney U test. Result of the research, it was refer that discovery learning was effective in terms of students' mathematical reflective thinking ability and self-concept.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C dan VII F yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan skala self-concept. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji dan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa.
Kata kunci: berpikir reflektif matematis, discovery learning, self-concept
Full Text:
PDFReferences
Azwar, Saifuddin. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, Nadia Dezira. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan mampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP. Skripsi Pendidikan Matematika UPI. Diterbitkan. (Online), (repository. upi. edu/ 18222 / oleh ND Hasan 2015), diakses 04 Oktober 2017.
Nirmalawati. 2011. Pembentukan Konsep Diri pada Siswa Pendidikan Dasar dalam Memahami Mitigasi Bencana. Jurnal SMAR-Tek Vol. 09 No. 01 Hlm. 61-69. (Online), (http:// jurnal. untad. ac. id/ jurnal index.php/SMARTEK/article/download/620/538), diakses 2 Januari 2018.
Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Disertasi UPI: Diterbitkan. (Online), (http://repository.upi.edu/8502/), diakses 21 Oktober 2017.
OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. (Online), (https:// www. oecd. org/ pisa/ pisa-2015-result-in-focus.pdf), diakses 05 Desember 2017.
Pamungkas, A. S. 2012. Kontribusi Self-Concept Matematis dan Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. (Online), (ejournal.unsri.ac.id.), diakses 04 Oktober 2017.
Rahmawati. 2016. Indonesia dalam PISA dan TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Hasil Surver PISA 2015. (Online). (journal. student. uny. ac.id. ), diakses 09 Desember 2017.
Rakasiwi, Widya Ayu. 2012. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Tata Hidang Siswa Kelas X Jurusan Jasa Boga DI SMK Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi. Diterbitkan. (Online), (http://meprints. uny.ac.id/), diakses 10 Oktober 2017.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suliyanto. 2011. Perbedaan Pandangan Skala Likert sebagai Skala Ordinal atau Skala Interval. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro 2011 . (Online), (http:// eprints.undip.ac.id/33805/1/ makalah5.pdf.), diakses 15 Oktober 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.