Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Shofura Farah Diba, Haninda Bharata, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of discovery learning to the improvement of student’s mathematical representation skill. The population was all students of grade VIII SMP Negeri 2 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang in academic year 2017/2018 which were distributed into three classes. The students of class VIII 2 and VIII 3 were selected as research samples by random sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. The research data was obtained by the essay test of mathematical representation skill. The analysis data used t test and it showed that the improvement of student’s mathematical representation skill which used discovery learning was greater than the improvement of student’s mathematical representation skill which used non discovery learning. The results of this research concluded that discovery learning was influenced to the improvement of student’s mathematical representation skill.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Siswa kelas VIII 2 dan VIII 3 terpilih sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis berbentuk uraian. Analisis data menggunakan uji t  dan diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran non-discovery. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa.

 

Kata kunci: discovery learning, kemampuan representasi matematis, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

___________. 2017. Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

___________. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fadilla, Dina Cahya. 2017. Efektivitas Model Guided Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/28377/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf), diakses 24 Mei 2018.

Fitri, Mariza dan Derlina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi. (Online), Vol. 3, No. 2, (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/5130), diakses 24 Mei 2018.

Harahap, Tua Halomoan. 2015. Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal EduTech. (Online), Volume 1, No. 1, (https://media.neliti.com/media/publications/42693-ID-penerapan-contextual-teaching-and-learning-ctl-untuk-meningkatkan-kemampu an-kone.pdf), diakses 8 Mei 2018.

Kusumaningsih, Widya dan Rini Puspita Marta. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. (Online), Volume 1, No. 2,(http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1247), diakses 5 November 2017.

Mullis, Ina V.S. dkk. 2016. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center. (Online), (http://timss-andpirls.bc.edu/timss2015/international-results/wp-content/ uploads/filebase/full%20pdfs/T15-International-Results-in-Mathematics.pdf), diakses 4 November 2017.

OECD. 2017. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving, revised edition. Paris: OECD.

Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Representasi Matematis. Forum Paedagogik. (Online), Vol. VI, No. 01, (http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/download/168/150), diakses 15 Desember 2017.

Sabirin, Muhamad. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari. (Online), Volume 01, No. 2, (http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49/16), diakses 15 Desember 2017.

UNESCO. 2015. Education for All 2000-2015: Achievements and Challenges. France: UNESCO. (Online), (http://unesdoc.unesco.org/images/0023/002322/232205e.pdf.), diakses 5 November 2017.

Yusnani, Heni. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/23690/3/SKRIPSI%20TANPA%20ABB%20PEMBAHASAN.pdf), diakses 24 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.