Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of discovery learning to student’s mathematical concept comprehension. The population of this research was students of grade VIII of Junior High School Al Kautsar Bandarlampung in academic year of 2016/2017 as much as 260 students that were distributed into seven classes, start from VIII B until VIII H (excluding VIIIA because it is a excellent class). The sampling was done by cluster random sampling technique and it was chosen students of VIII B and VIII E as samples. The design which was used in this research was the pretest-posttest design control group design. Research data were obtained through test of mathematical concept comprehension. The data analysis which was used was Mann-Whitney U test. The result of this research show that enhancement of mathematical concept comprehension of student who follow learning with discovery learning no higher than mathematical concept comprehension of student who follow learning with convensional learning. Based on the results and working through of research, the conclusion of the research is the discovery learning model wasn’t influence to student’s mathematical concept comprehension.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 260 siswa yang terdistribusi dalam tujuh kelas, mulai dari VIII B hingga VIII H (tidak termasuk kelas VIII A karena merupakan kelas unggulan). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII B dan VIII E sebagai sampel. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning tidak lebih tinggi dari peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa model discovery learning tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: discovery learning, pemahaman konsep, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1). (Online), (http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49), diakses 20 Januari 2017.
Anggraini, Esi. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id/jurnal/download/1518), diakses 28 November 2017.
Annisa, S. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Mataram Kasihan. Jurnal Pendidikan Matematika (Online), (http://repository.upy.ac.id/1560/), diakses 28 November 2017.
Arisanti, A., & Khotimah, R. P. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (PTK Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/44825/), diakses 29 Januari 2017.
Asri, E. Y., & Noer, S. H. 2015. Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 14 November.
Cahyani, A. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Discovery Learning (PTK Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun 2015/2016). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/39254/), diakses 29 Januari 2017.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
_________. 2004. Peraturan tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 Tanggal 11 November 2004. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
_________. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (Online), (https://drive.google.com/file/d/0ByHH9zo2NVq6M2Q3R2NURmVnTWM/view), diakses 18 Mei 2017.
Detik. 10 Juni 2016. Rata-Rata Nilai UN SMP Tahun 2016 Turun 3 Poin dari Tahun Lalu. (Online), (https://news.detik.com/berita/3230382/nilai-rata-rata-un-smp-tahun-2016-turun-3-poin-dari-tahun-lalu), diakses 11 Mei 2017.
Republika. 11 Juni 2015. Nilai UN SMP Menurun, Ada Apa?. (Online), (http://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/15/06/11/nprxlv-nilai-un-smp-menurun-ada-apa), diakses 11 Mei 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.