Pengembangan LKPD Fungsi Kuadrat Berbasis Saintifik untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Kartika Eka Pertiwi, Haninda Bharata, Suharsono S

Abstract


Preliminary research found that learning result of quadratic function to 55% student was < 70. Learning materials, such as Student Work Sheet (named as Lembar Kerja Peserta Didik/LKPD) need to be developed. The objectives of the research are to describe Quadratic Fungction LKPD designed to develop concept understanding; to know the ability of understanding quadratic function concept from students with and without Saintific based LKPD. This is a research and development. The subject of the research  was students of Class XI Pharmacy of SMK IB Khalifah Bangsa Academic Year 2017/2018. Data was collected by expert validation, student questionnaire, and test of concept mastery. Proper test done by content expert approved good category, where as very good category approved by learning media expert. Students approved totally agree to the use of LKPD. The result of the test to experiment group was 75% mastery, where as control group was only 21% mastery.

Studi pendahuluan diketahui bahwa hasil belajar fungsi kuadrat 55% siswa mendapat nilai < 70. Bahan belajar berupa LKPD fungsi kuadrat perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini: Mendeskripsikan LKPD fungsi kuadrat yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep; Mengetahui kemampuan pemahaman konsep fungsi kuadrat peserta didik menggunakan LKPD bebasis saintifik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep fungsi kuadrat peserta didik tanpa menggunakan LKPD berbasis saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Farmasi SMK IB Khalifah Bangsa TP 2017/2018. Pengumpulan data dengan validasi ahli, angket respon peserta didik dan tes kemampuan pemahaman konsep. Uji kelayakan LKPD oleh ahli materi dengan kategori baik, sedangkan oleh ahli media dengan kategori sangat baik. Data respon peserta didik menunjukkan kategori sangat setuju dengan penggunaan LKPD. Hasil tes pemahaman konsep pada kelas eksperimen menunjukkan 75% tuntas, sedangkan hasil tes pemahaman konsep pada kelas kontrol menunjukkan 21% tuntas.

Kata Kunci: LKPD, saintifik, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Agustina, Lisna. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta Volume 1, 2016.

Chen, Y. T., dan Li, Y. T. 2011. Development and evaluation of multimedia reciprocal representation instructional materials. International Journal of the Physical Sciences. pp. 1431-1439.

Chonga, V, D., Sallimah, dan Aicheongc, P, I. 2013. Using an Activity Worksheet to Remediate Students’ Alternative Concep-tions of Metallic Bonding. American International Journal of Contemporary Research. Pp 39-52.

Darmodjo, Hendro dan Kaligis, Jenny R. E.. 1992. Pendidikan IPA II. Depdikbud, Jakarta. 140 hlm.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pem-belajaran. Gava Media, Yogyakarta. 243 hlm.

Diah, Ekawati Novia. 2016. Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Konsep Energi Panas pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus Universitas Negeri Surabaya. 10 hlm.

Fauziah, R. et al. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Invotec. 9(2): 165-178.

Johnson, D. W. & Johnson, F. P. 2000. Joining together: group theory and group skill. Pearson Education Company: New York. 656 pp.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya, Bandung. 170 hlm.

Latifah, Setiawati, dan Basith. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 05 (1) (2016) 43-51

Machin. A., 2014. Implementasi Pende-katan Saintifik, Penanaman Ka-rakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbu-han. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1) (2014) 28-35.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Keatif Membuat Sarana Belajar Inovatif. Diva Press, Yogjakarta.

Pratama, Yogi Elvandri. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung. 61 hlm.

Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pem-belajaran Inkuiri dalam Meng-embangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Mate-matika dan Pendidikan Matema-tika, Universitas Negeri Yogya-karta, Yogyakarta, 5 Desember.

Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembang-kan Kompetensinya dalam Pe-ngajaran Matematika. Tarsito, Bandung. 625 hlm.

Sanusi. 2006. Pembelajaran Pencapaian Konsep dalam Mengajarkan persamaan kuadrat di Kelas I SMA/MA. JP, Madiun.

Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Departemen Pendidikan Nasional. Yogyakarta. 19 hlm.

Suherman, Erman. dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica. 324 hlm.

Swarabama, I.G. et al. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyrakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarja Undiksa, 3(1): 1-10.

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Depdiknas. Jakarta. 21 hlm.

Utari, Vivi., Fauzan, Ahmad., Rosha, Media., 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, Part3: Hal. 33-38 Vol.1 No.1

Westerhof, G., & Keyes, C. L. M. 2010. Mental Illness and Mental Health: The Two Continua Model across the Lifespan. Journal of Adult Development, 17, 110-119.

Winkel WS, 2000. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia. Jakarta. 171 hlm.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Universitas Sriwijaya. Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.