PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Elvandri Yogi Pratama, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi-experimental research aims to find out the influence of the implementation cooperative learning model of Learning Together type towards the conceptual understanding of mathematics at the 8th class of Junior High School State 2 Merbau Mataram in academic year 2012/2013. The population of this research was the eightth grade students of Junior High School State 2 Merbau Mataram in academic year 2012/2013 that consist of five classes. The samples of this research were students of VIII C class as the experimental class and stusents of VIII D class as the control class. The samples were chosen by purposive random sampling technique. Research uses a post-test only control design. Based on the research result, it was concluded that the implementation of cooperative learning model of Learning Together type effects the conceptual understanding of mathematics.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Merbau Mataram tahun ajaran 2012/2013. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Merbau Mataram tahun ajaran 2012/2013 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih melalui teknik purposive random sampling. Desain penelitian adalah post-test only control design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata Kunci: learning together, pemahaman konsep matematis, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan. 2011. Survei Internasional TIMSS. (online)(litbang.kemdikbud.go.id/detail.php?id=214, diakses pada 20 Februari 2013).

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006: Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikolog Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Furchan, Arief. 2010. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sharan, Shlomo. 2012. The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: CV Familia.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tasito Edisi keenam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.