Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Abstract
This research aims to create the student’s worksheet based on guided inquiry, and fasilitate mathematics critical thinking ability. The development steps are: preliminary study, planning, pre product development, pre test, pre product revision and field test. The data collected by observasion technique, documentation, interview, questionnaire and test. Student’s worksheets are validated based on the media and material, then revised based on the expert advice. The subject of this research is 7th grade students SMP Negeri 30 Bandar Lampung Academic year 2016/2017. This research show that developing student’s worksheet based on guided inquiry is good categorized which reach 79,19% (media expert), 76% (material expert) and 71,07% average of mathematics critical thingking. But the developing student’s worksheet be inefectif because posttest only reaches 67,74%.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis. Pengembangan dilakukan dengan tahap-tahap yaitu, studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji tahap awal, revisi produk awal dan uji lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Lembar kerja peserta didik divalidasi dari segi media dan materi, kemudian direvisi sesuai saran dari para ahli. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 30 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dikategorikan baik dengan persentase 79,17% (ahli media), 76% (ahli materi) serta kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik terfasilitasi terlihat dari tercapainya semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis dengan rata-rata 71,07%. Akan tetapi pengembangan LKPD dinyatakan tidak efektif, bila dilihat ketercapaian ketuntasan hasil posttest sebesar 67,74%.
Kata Kunci : LKPD, inkuiri terbimbing, berpikir kritis matematis, efektif
Full Text:
PDFReferences
Atang, Supriadi. 2012 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/9235/ diakses Januari 2017
Aryani, Farida. 2011. Pengembangan LKS Untuk Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5. No 2. Universitas Sriwijaya. (online) http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=148360, diakses 17 Maret 2018
Azizah, Isnaini Nur. 2017. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU). Metro. Vol. 1, No.2 Desember 2017. Hal 127-146
Budiman, Agus. 2014. Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (2), 139-151 (online) http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail?id=941 diakses 17 Maret 2018
Febriawan, Yoggy Subanji. Hadi Syamsul. 2016. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa SDN Balonggemek 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Universitas Negeri Malang. September
Hapsari, Mahrita. 2011. Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. 3 Desember 2011 (online) http://eprints.uny.ac.id/7385/ diakses 17 Maret 2018
Ibrahim dan Suparmi. 2008. Strategi pembelajaran matematika. Yogyakarta: Bidang Akademi UIN SUKA.
Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi: Tidak Diterbitkan. Tersedia: http://repository.upi.edu/8502/. [9 Juni 2017].
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Pusat Penilaian Pendidikan. 2017. Laporan Hasil Ujian Nasional 2017. Jakarta: Balitbang Kemen-dikbud.
Putra. 2011. Research and Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Ber-pikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universi-tas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 5 Desember.
Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Prenada Media. Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suharti dkk. 2015. Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis. (Online), Vol 3 No 1, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/JDM/article/download/1292/pdf_1), diakses 10 Maret 2018.
Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pe-nelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 16 Juni.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.