Pengaruh Strategi Relating Experiencing Apllying Cooperating Transferring Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Novi Ratna Sari, Pentatito Gunowibowo, Rini Asnawati

Abstract


This experimental research aimed to find out the influence strategy of REACT towards student's mathematical communication skill. The population of this research was all grade seven students of Junior High School state of Satu Atap Tanjung Bintang in academic year of 2017/2018 which were distributed into four classes. The samples of this research were students of VII A and VII B class which were chosen by cluster random sampling. The design of this research was pretest-posttest control group design. The research data were obtained by the test of mathematical communication skill. The data analysis of this research used Mann Whitney U test. Based on the research, it was concluded that strategy of REACT influenced student's mathematical communication skill.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penga-ruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes ke-mampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran REACT berpe-ngaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

Kata Kunci: komunikasi matematis, pengaruh, strategi relating experiencing apllying cooperating transferring.

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. T., Kartono, dan Sutarto, H. 2014. Keefektifan strategi pembelajaran react pada kemampuan siswa kelas VII aspek komunikasi matematis. Jurnal Matematika Kreano. (Online), Vol.5, No.1, (https//journal.unnes.ac.id/artikelnju/kreano/3282), diakses 27 Oktober 2017.

Center Of Occupational Reseach And Development. 1999. Teaching Mathematics Contextually: The Cornerstone of Tech Prep. Waco, Texas: CORD Communication, Inc.

Fauziah, A. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT. Forum Kependidikan. (Online), Vol.30, No.1, (http://forumkependidikan.unsri.ac.d/userfiles/ANA%20FAUZIAH.pdf), diakses 15 Otober 2017.

Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematis dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY 27 November 2010. FMIPA UNY. (Online), (http://bundaiza.files.Wordpress.com/), diakses 21 Mei 2017.

OECD. 2015. PISA Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD. (Online),(https://www.oecd.org/pisa/pisa2015resultsinfocus.pdf), diakses 20 November 2017.

Purnama, Dewi. 2016. Penerapan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/26383/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf), diakses 15 Oktober 2017.

Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Permendikbud.

Sholihah, Dyahsih A. 2015. Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol.2, No.2, (http://jo urnal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7332), diakses 29 November 2017.

TIMSS. 2015. International Result in Mathematics. Boston : Lynch School of Education. Diterbitkan.(Online).(http//timss.bc.edu/timss2015/internationalresultsmathematicshtml), diakses 20 November 2017.

Umar, Wahid. 2012. Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol.1, No.1, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2012/08/ahmar.pdf), diakses 15 Oktober 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.