Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Reni Astuti, Arnelis Djalil, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effect of Think Pair Share cooperative learning model toward students conceptual understanding of mathematics. This research used posttest only control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Negeri 5 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017. Through purposive sampling technique, 2 classes were taken as the samples. The technique that used in this research is technical test. Analysis data of this reasearch used Mann-Whiteney U test. Based on the result of research, it was concluded that Think Pair Share cooperative learning model have an effect on students conceptual understanding of mathematics.

Penelitian eksperimental semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Melalui teknik purposive sampling 2 kelas diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Mann-Whiteney U. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share


Full Text:

PDF

References


Abduh, J. 2012. Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Barat Kabupaten Labuhan Batu Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Tesis Unimed: Tidak Diterbitkan.

Atmaja, I. W. W. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Vs Konvensional Model Buku Teks Dengan Pengetahuan Awal Berbeda Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Aktif Mata Pelajaran Biologi Pada Pembelajaran Sma Nageri 1 Jember. Desertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), Volume 16, No.1, (http://download.portalgaruda.org/download_verification.php?val=448&article=52269&title=), diakses 25 September 2016.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Harjono, A. 2005. Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Untuk Materi Fisika Semester 1 Di Universitas Negeri Surabaya. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana UNESA.

Ibrahim, Muslim. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Maryam, S. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta: Tidak Diterbitkan. Tersedia Online. SM Noerazizah-2011-repository.uinjkt.ac.id. (diakses 12 februari 2018).

Qosyim, A. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Mata Kuliah Biologi Umum Topik Ekologi. Makalah Seminar Nasional Disampaikan Di FMIPA UNESA. Surabaya.

Ruseffendi.1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: CV Eko Jaya.

Untari, Erny. 2017. Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8. No. 1. Hal 35-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.