Efektivitas Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring Berbasis Etnomatematika dalam Kemampuan Komunikasi Matematis

Diana Permatasari, Sugeng Sutiarso, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed tofind out the effectiveness oflearning with strategies based on etnomathematic Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) in improving students communication of mathematics. This research used one group pretest-posttest design. The design used is one group pretest-posttest. The experiment population are all students of class VIII SMP Negeri 2 Metro of academic year 2017/2018 which were distributed into eight classes with grade VIII-Fstudents as research samples taken by purposive sampling technique. Data of students mathematical communication ability is obtained through the test technique with essay type. Analysis data of this research used t paired-test.The results showed that mathematic learning with REACT strategy based on etnomathematics was not effective in terms of students mathematical communication ability


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan strategi REACT berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam delapan kelas dengan siswa kelas VIII-F sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui teknik tes berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi REACT berbasis etnomatematika tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.


Kata kunci: efektivitas , komunikasi matematis, Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) berbasis etnomatematika


Full Text:

PDF

References


Chap Sam, LIM,. Cheng Meng, CHEW. 2007. Mathematical Communication in Malaysian Bilingual Classrooms.Paper to be presented at the 3rd APEC-Tsukuba International Conference 9-14 2007 at Tokyo and Kanazawa, Japan (online) (http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiVqMHCkcfZAhXCF5QKHfFMA-kQFggtMAA&url=http%3A%2F%2Fwww.criced.tsukuba.ac.jp%2Fmath%2Fapec%2Fapec2008%2Fpapers%2FPDF%2F11.LimChapSam_Malaysia.pdf&usg=AOvVaw07stpgQIysS_TvmsEzvK4n), diakses 10 November 2017

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2010/2011.Skripsi.Bandarlampung: Universitas Lampung. Diterbitkan (online). (http://digilib.unila.ac.id), diakses tanggal 10 November 2017

Izmirli. 2011. Pedagogy on the Etnomathematics Epistemology Nexus: A Manifesto. Jurnal of Humanistic Mathematics.(online) (http://www.gogle.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwj9sbyYq8bZAhVBqJQKHdYrCOkQFggrMAA&url=http%3A%2F%2Fscholarship.claremont.edu%2Fcgi%2Fviewcontent.cgi%3Farticle%3D1017%26context%3Djhm&usg=AOvVaw1dUMxOn1FOI0aAnlSqw-Rj) Vol 1: 27-50, diakses 23 Oktober 2017.

Mustikawati, Mega. 2013. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP.Skripsi. Bandung: UPI (online). (http://respository.upi.edu), diakses 14 November 2017.

Rahmawati, Dessy.2015. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Cinta Budaya Lokal Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Diterbitkan (online).(http://digilib.uin-suka.ac.id) diakses 17 November 2017.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015.Artikel(online), (http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/RahmawatiSeminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf), diakses 30 Oktober 2017.

Rahmiyana dan Saragih. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA/MA di Kecamatan Simpang Ulim Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.19(2), hal. 174-188. Jurnal (online)(http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/275/185), diakses tanggal 01 November 2017

Siti, Rahayu. 2012. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teamsachievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta.Universitas Yogyakarta (online), (http://eprints.uny.ac.id/), diakses 12 November 2017.

Sugiarto. 2009. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suherman.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Edisi Revisi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Syafri, Fatrima. 2017. Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika.Hal.49-55. Vol. 3 No.1.Jurnal Edumath (online), (https://ejournal.stkipmpringsewulpg.ac.id/index.php/edumath/article/download/283/173)diakses 28 Oktober 2017.

Wahyuni, Astri. Ayu Aji Wedaring dan Budiman Sani.2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta (online), (http://eprints.uny.ac.id/10738/1/P%20-%2015.pdf), diakses 01 November 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.