Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep
Abstract
This research aimed to know the development of the concept understanding ability of learners in learning which was facilitated by student activity sheets (LKPD) with guided inquiry. This research was qualitative deskriptive study. The subjects of this study were the students of class VII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur in Academic Year 2017/2018. Research data were obtained through observation of LKPD workmanship and test of concept understanding ability. The results showed that understanding of learners' concept from every meeting which was facilitated by LKPD with guided inquiry Experienced had a positive development. In addition, the achievement of the concept comprehension test resultshowed the maximum result with an average of 80,18%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran yang difasilitasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Tahun Ajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan hasil pengerjaan LKPD dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik dari setiap pertemuan yang difasilitasi LKPD dengan inkuiri terbimbing mengalami perkembangan yang positif. Selain itu, pencapaian hasil tes kemampuan pemahaman konsep menunjukkan hasil yang maksimal dengan rata-rata 80,18%.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, lkpd, pemahaman konsep.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, N. W., N. P. Ristiati, & M. Widiyanti. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Peserta didik SMP. e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Progran Studi IPA. 3 (1): 1-8
Armalia dan Yunarti. 2016. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) bentuk Komik untuk meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Pengembangan 4Cs dalam Pembelajaran Matematika:Suatu Tantangan pengembangan Kurikulum matematika. Malang: CV. Bintang Sejahtera.
Badan Standar Nasional Pendididkan. 2006. Model Penilaian Kelas. Jakarta: BSNP.
Karwono. 2010. Strategi Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Ciputat: Cerdas Jaya.
Khan, Abdul Wali. 2012. Inquiry-based teaching in mathematics classroom in a lower secondary school of Karachi, Pakistan. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. 1(2), 1-7.
Kubicek, P. J. 2005. Inquiry-based learning, the nature of science, and computer technology: New possibilities in science education. Canadian Journal of Learning and Technology. Vol 31(1).
Muammaroh, Siti. 2013. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Materi Pemerolehan Nutrisi Tumbuhan. Bio Edu UNESA. 2 (3): 175-178. ISSN: 2302-9528.
Munasiah. 2015. Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik terhadap Kemampuan Penalar-an Matematika. Jurnal Formatif 5(3): 220-232, 2015.
Sumaryati. 2015. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Peserta didik Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat Volume 2 No. 2.
Ta?lidere, Erdal . 2013. The Effect Of Concept Cartoon Worksheets On Students Conceptual Understandings Of Geometrical Optics. Education And Science. Vol. 38, No 167.
Toman, ufuk. 2013. Extended Worksheet Developed According To 5e Model Based on Constructivist Learning Approach. International Journal On New Trends In Education And Their Implications. Volume: 4 Issue: 4 Article: 16 Issn 1309-6249.
Trna, Josef. 2012. Implementation Of Inquiry-Based Science Education In Science Teacher Training. Journal Of Educational And Instructional Studies In The World. Volume: 2 Issue: 4 Article: 23 Issn: 2146-7463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.