PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Mulkiah Mulkiah, Caswita Caswita, Arnelis Djalil

Abstract


The mathematics achievement of students at VIII-K class SMP Negeri 1 Natar are very low. It is based on the data of values of the final exam in semester 2012/2013. The percentage of students who get value ≥ 65 only 25% of 32 students. Student’s learning activities are also low. It is caused by the implementation of traditional learning model. The implementation of cooperative learning model of TGT type hopefully able to improve student’s activities and achievement. This study was conducted in three cycles, each cycle includes: planning, implementation, observation, and reflection. Techniques of data collection are obsevation and test. Based on the data analysis, the implementation of cooperative learning model of TGT type  can increase the activities and achievement of students of VIII-K class SMP Negeri 1 Natar South Lampung in odd semester academic year 2013/2013.

Prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-K SMP Negeri I Natar sangat rendah. Hal ini berdasarkan pada data nilai ujian akhir pada semester ganjil tahun 2012/2013. Persentase siswa tuntas belajar (memperoleh nilai ≥ 65) hanya 25% dari 32 siswa. Aktivitas belajar siswa juga masih rendah. Salah satu penyebab dari kedua masalah tersebut adalah selama ini masih menerapkan model pembelajaran tradisional. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT  yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, kegiatan  setiap siklus meliputi:  perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan, dan refleksi.  Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-K SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan semester genap tahun pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: aktivitas, prestasi belajar, team games tournamen


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Budiono, MA. 2005. Kamus Ilmiah Populer Internasional. Alumni: Surabaya.

Herlina. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika. Unila: Bandar Lampung

Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press: Jakarta.

Sasmito, Heri. 2005. Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Matematika yang menggunakan Pendekatan Kooperatif Model TGT dengan yang Menggunakan Metode Ekspositori di SLTP LAB UM. Skripsi. FMIPA UM Malang. http//-Search,certified-toolbar,Com/?q = Skripsi+Pembelajaran+Matematika+ dengan+ TGT sit,Pdf. Hal. 76, diakses tanggal 15 Oktober 2012 jam 15.30 WIB.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktek (Terjemahan oleh : Narulita Yusron). Nusa Media: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.