PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Richa Putri Aprilia, Rini Asnawati, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aims to know the influence cooperative learning model of NHT type towards student’s mathematical conceptual understanding. The population is all students of seventh grade of Junior High School State 22 Bandar Lampung in academic year 2012-2013, they are from regular class and divided into six classes. Samples are VIIB and VIIG that is determined by purposive sampling technique. Based on analysis of data, it gotten that student’s mathematical conceptual understanding on cooperative learning model of NHT better than student’s mathematical conceptual understanding of conventional learning. Thus, cooperatif learning model of NHT type influences towards student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep matematis.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012-2013 yang bukan berasal dari kelas unggulan dan terdiri dari enam kelas.  Sampel dalam penelitian adalah siswa pada kelas VII-B dan VII-G yang dipilih dengan teknik purposive sampling.  Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil pe­maham­an konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada pembelajar­an konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata Kunci: NHT, pemahaman konsep matematis, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Asmin.2003.Implemeentasi Pembelajaran Matematika Realistik dan Kendala yang Muncul di Lapangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 44.

Badan Penelitian dan Pengembangan. 2011. Survei Internasional PISA. (online) litbang. kemdikbud.go.id/detail.php?id=214 (diakses 5 Januari 2013)

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas

Herdian. 2009. Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). [online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembela-jaran-nht-numbered-head-together/. [26 nopember 2012]

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.