PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Putri Rizky Utami, Arnelis Djalil, M. Coesamin

Abstract


This is a quasi-experimental research aimed to know about the influence of peer tutoring learning model towards student’s understanding of mathematical conceptual. Peer tutoring learning model is one of the learning model that was developed to help students who have learning difficulty by another students who have high ability for understanding the topic.The research uses posttest only control group design. The population was all eleventh grade students of SMAN 2 in Tumijajar Tulangbawang Barat District in the academic year 2012/2013. Sample was all students from two class which selected by random purposive sampling. Based on the analysis of data, it can be concluded that peer tutoring learning affects student’s understanding of  mathematical conceptual of eleventh grade in  state senior high school 1 in Tumijajar Tulangbawang Barat District in academic year 2012/2013. 

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran tutor sebaya adalah salah satu model yang dikembangkan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan memanfaatkan siswa lain yang mempunyai kemampuan lebih dalam memahami suatu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tumijajar Kabupaten Tulangbawang Barat tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa pada dua kelas dari tiga kelas yang dipilih dengan purposive random sampling. Penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tumijajar Kabupaten Tulangbawang Barat tahun pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: model pembelajaran, pemahaman konsep matematis, tutor sebaya


Full Text:

PDF

References


Boedhowi. 2003. Informasi Bantuan Pendidikan. Depdiknas. Jakarta.

Budiono. 2009. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran. Tersedia di http//www.scribd.com/doc/21684083/Pengemb-Materi-Pembelaj-Budiono-SMANEJA-Blitar

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Permendiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Keputusan Menteri Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.