Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Matematis

Syaifuddin Syaifuddin, Haninda Bharata, Caswita Caswita

Abstract


This research development aimed to develop of worksheet based on contextual for increasing problem solving ability and mathematicals self efficacy. The subject of this research was students of VIII C class of SMP Negeri 30 Bandar Lampung. The arranges of worksheet were started with the draft-preperation and all of components based on the composing guidelines. The result of the validation showed that the worksheet got the standart qualification for its content and design. The filed trial results showed that (1) learners who use contextual based Worksheets more interactive, more able to solve mathematical problems in accordance with the steps and obtain an average value of 62.85 with N-Gain 0.60. (2) Learners using contextual based Worksheets more confident, more interactive, and N-Gain Self-Efficacy increased to 0.57 in the moderate category. The result of this research showed that problem solving skill of student using contextual based Worksheets was better than problem solving skill of student with conventional learning.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis konstektual guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Penelitian ini dirancang dengan rancangan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik yang menggunakan Lembar kerja berbasis kontekstual lebih interaktif, mampu memecahkan masalah matematis sesuai dengan langkah-langkahnya serta memperolehan nilai rata-rata 76,32 dengan N-Gain 0,62. (2) Peserta didik yang menggunakan Lembar kerja berbasis kontekstual lebih percaya diri, interaktif, dan N-Gain Self-Efficacy meningkat menjadi 0,57 dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan LKPD berbasis kontekstual lebih baik dari peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Disarankan agar guru menggunakan Lembar kerja berbasis kontekstual sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Self-Efficacy peserta didik.

Kata kunci: LKPD, pemecahan masalah, self efficacy.


Full Text:

PDF

References


Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Tentang Pentingnya Strategi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Astuti, Indah Kusuma. 2015. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran IPA. Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Maliki Ibrahim Malang. h.8

Bandura. 1997. A Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman.

Hasbullah, 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Husna, M. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif type Think-Pair-Shere (TPS). Jurnal Peluang Volume 1, Nomor 2, Hlm. 81-92.

Ikashaum, Fertilia. 2016. Pengem-bangan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self- Efficacy Peserta didik. Tesis Universitas Lampung.

Iqbal, Muhammad. 2017. Pengemba-ngan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis. Tesis Universitas Lampung.

Pajares & Miller. 1994. Role of Self-Effiacy and Self-Concept Be-liefs in Mathematical Problem Solving: A Path Analysis. Journal of Educational Psychology, Vol. 86, No. 2, Hlm. 193-203.

Polya, G. 1973. How To Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Simanungkalit, Rick Hunter. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan. FKIP-Universitas HKBP Nommensen. Vol. 1, Nomor 2, Hlm. 1-14.

Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs. Unesa.

Sudjana, Nana.& Rifai, Ahmad. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer Edis Revisi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih,. 2008. Metode penelitian pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya hlm.169.

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Jurnal FPMIPA UPI, Vol. 19, Nomor 2. Hlm. 1-27.

Sutawijaya, Akbar. 1991. Konstrukti-visme dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika, Bandung: JICA-UPI.

Tanti, R. 2010. Kompetensi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika di SMPN 2 Malang. Jurnal Scientific Vol. 1, Nomor 1. Hlm. 72-86.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif:Konsep,Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.