PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT

Desi Suprihatiningsih, Gimin Suyadi, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to compare the increasing of student’s mathematics achievement by TPS and NHT cooperative learning. The research used pretest-posttest parallel design. The population of this research was seventh grade students of SMPN 1 Katibung in the second semester of the years 2012/2013. Sample was students in seventh grade of B and C, which chosen by using cluster random sampling. The data of mathematics achievement was acquired by essay test, but the prior achievement was acquired from document of student’s achievement in testing of the last topic. Based on result of research, the increasing of student’s mathematic achievement by TPS cooperative learning is higher than NHT cooperative learning.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk membandingkan prestasi matematika siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT. Desain yang digunakan adalah pretest–posttest paralel design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Katibung semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII B dan VII C yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data prestasi akhir siswa dilakukan dengan tes, sedangkan data prestasi awal siswa diambil dari dokumen hasil ulangan harian materi sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan prestasi matematika siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Kata Kunci: NHT, prestasi belajar, TPS


Full Text:

PDF

References


Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-Model Pembelajaran). Jakarta: Departemen Pendi-dikan Nasional

Lie, A. 2003. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia

Maryati. 2011. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Nurhadi. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo

Nurkancana. 2005. Evaluasi Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional

Susanti, Lisa D. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Koope-ratif Tipe TPS Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Depdiknas. 2007. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.