Pengembangan LKPD dalam Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Memfasilitasi Kemampuan Visual Thinking

Dian Romadhoni Asngari, Sri Hastuti Noer, Undang Rosidin

Abstract


This research aimed to develop students worksheet on learning mathematics of building a flat side space with GeoGebra assisted to facilitate valid, practical, and effective Visual Thinking capabilities. This type of research is development research conducted through preliminary research stage, prototyping stage, and assessment phase. The results showed that LKPD and GeoGebra supported mathematics learning media developed were in valid category. Based on the results of experiments conducted, it is found that learning tools have fulfilled the aspect of practicality. This can be seen from: 1) the implementation of learning in the limited trial is classified as practical and the implementation of learning in small group categorical testing is very practical; 2) the use of LKPD in learning mathematics developed in terms of learners' responses pertained practical. The developed LKPD has also fulfilled the effectiveness aspects seen from the Visual Thinking ability test of learners.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan GeoGebra yang valid dan praktis, serta menguji efektivitasnya terhadap kemampuan Visual Thinking. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dikembangkan berada pada kategori valid. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, LKPD telah memenuhi aspek kepraktisan. Hal tersebut dapat dilihat dari: 1) keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba terbatas tergolong praktis serta keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba kelompok kecil terkategori sangat praktis; 2) penggunaan LKPD dalam pembelajaran matematika yang dikembangkan ditinjau dari respon peserta didik tergolong praktis. LKPD yang dikembangkan juga telah memenuhi aspek keefektivan yang dilihat dari tes kemampuan Visual Thinking peserta didik.

Kata kunci : GeoGebra, visual thinking, LKPD.


Full Text:

PDF

References


Budiarto, M.T. 2000. Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika Peran Matematika Memasuki Millenium III. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya.

Kartono. 2010. Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. Jurnal matematika kreatif-inovatif. Volume 1 No 1 Jurusan Matematika FMIPA UNNES. (Online) (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/219/228) diakses tanggal 19 april 2017.

Kusumah, Yaya S. 2003. Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Proceeding National Seminar on Science and Math Education. FMIPA, UPI Bandung bekerja sama dengan JICA.

Ruseffendi, E.T. 1990. Pengantar kepada Membantu Guru mengembangkan kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suherman, E, et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika kontemporer. Jurusan Pendidikan matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparlan. 2002. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Dari Konsepsi Sampai Implementasi. Jakarta :Grafindo Persada.

Surya, E. 2013 .Visual Thinking, Mathematical Problem Solving and Self-Regulated Learning With Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Universitas Negeri Medan. ISSN 1979-3545.

Plomp, T. 2010. Educational Design Research: An Introduction.An Introduction to Educational research. Enschede, Netherland: National Institute for curiculum. (Online) (http://www.slo.nl/downloads/2009/Introduction_20to_20education_20design_20research.pdf). Diakses 5 Oktober 2017.

Yuliardi, R. 2013. Pembelajaran Matematika Berbantuan GeoGebra dengan Model Technologically aligned classroom (TAC) Technologically Based-Guide Inquiry (TBGI) dan Technologically Misaligbed Classroom (TMC) Untuk Meningkatkan Spatial Ability dan Ke-mampuan Komunikasi Matematis. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia. 4 hlm. (Online), (http://repository.upi.edu/2180/4/T_MTK_1006929_CHAPTER1.pdf). Diakses 7 Okto-ber 2017.

Zarkasyi, Chairun Nisa. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran dengan GeoGebra untuk Visualisasi Penggunaan Integral pada Siswa SMA. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika UNY.

Zulfakar, Ahmad Rahmadi. 2015. Studi Literatur: Pembelajaran Matematika Menggunakan GeoGebra dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mate-matis Siswa. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika UNY. (Online), (http://seminar.uny.a-c.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-8.pdf).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.