Pengembangan LKPD dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Berta Khoiriyati, Caswita Caswita, Haninda Bharata

Abstract


This research and development aimed to produce the students worksheet with cooperative learning type Think Pair Share that valid and practical, then find its effectiveness towards mathematical communication. The stages of development model used in this research is the 4-D development model of Thiagarajan which is limited to the Define, Design, Develop stage. The research population was grade VIII students in SMP Al-Kautsar Bandar Lampung in the academic year 2015-2016. The result of this research is the validity of worksheet by the material expert has fulfilled the criterion "good". The content validity by media experts and linguists has met the criteria of "very good". Worksheet practicality have met the criteria of "very good". However worksheet with cooperative learning model type Think Pair Share has not met the effective criteria in improving the ability of mathematical communication. The conclusion of this development and research is that worksheet with developed Think Pair Share learning model has been valid, practically used, but not yet effective to improve mathematical communication.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan LKPD dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang dibatasi pada tahap Define, Design, Develop. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Al Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2015-2016. Hasil penelitian memenuhi kriteria baik berdasarkan validitas ahli materi, memenuhi kriteria sangat baik berdasarkan validitas ahli media dan ahli bahasa. Kepraktisan LKPD telah memenuhi kriteria sangat baik. Namun LKPD dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share belum memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Simpulan penelitian yaitu LKPD yang dikembangkan telah valid, praktis tetapi belum efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Kata kunci: LKPD, think pair share, komunikasi matematis


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. 2013.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan.2008 Standar Kompetensi dan Kompeten-si Dasar Mata Pelajaran Matemati-ka SMPdan MTs. Jakarta: Depdiknas.

Darmawati.2015. Pengembangan Perang-kat Pembelajaran Matematika Berba-sis RME untuk Meningkatkan ke-mampuan Komunikasi Matematis Siswa.Jurnal.FKIPUNTAN.(https://media.neliti.com/media/publications/193112-ID-pengembangan-perang-kat- pembelajaran-mate.pdf ) diakses

Juli 2015.

Fogarty danRobin.(1996).Think/Pair/

Share.Tersedia:www.Broward.kl2.fl.us/Ci/Whatsnew/strategiesandsuch/strategies/thinkpairshare.html. Diakses 2 November 2016.

Komara. 2014. Penerapan Mode Pebela-jaran Kooperatif Tipe TPS Dalam Meningkatkan Kemampuan Komu-nikasi Mmatematis Siswa. Jurnal FKIPUnila.Vol.1No.7.(http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issue/view/354). Diakses 20 Oktober 2016.

NCTM. 2005. A Compendium of views on the NCTM standards. The Ma-thematics Educator Journal. Vol.15 No. 1, 3543.Diakses 3 Juni 2015.

Nurhadi.2004. Pembelajaran Kontekstual

Malang:Universitas Negeri Malang.

Rochmad. 2012. Desain Model Pengem- bangan Perangkat Pembelajaran Ma-tematika. Jurnal Kreano, ISSN: 2086-2334 Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Vol. 3 No. 1 Diakses 15 Juli 2015.

Shodiq,L.Dafik.Tirta.2015. Analisis soal matematika TIMSS 2011 dengan indeks kesukaran tinggi bagi siswa SMP.Makalah disajikan Pada Semi-nar Nasional Pendidikan Pasca Sarja-na Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. 30 Mei 2015.

Sugiono.2016.Metode Penelitian Kwanti-tatif kwalitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2009.Mendesain Model Pembela-jaran Inovatif Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya pa-da Kurikulum Tingkat Satuan Pendi-dikan. Jakarta: Kencana.

Wahyudin. 2008 Kurikulum, Pembelajar-an dan Evaluasi. Bandung: Program Pasca Sarjana UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.