Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Siswa

Ristika Ristika, Sri Hastuti Noer, Undang Rosidin

Abstract


This research development aimed to develop of worksheet based on problem based learning for increasing mathematical communication ability and students self efficacy. This study was initiated with preliminary studies (need analysis), the composing, the validation, the initial trial period and the field trial of worksheet. The subject of this research was students of VII.7 and VII.8 class of SMPN 1 Bandar Lampung. The result of preliminary study indicated that there was a need to develop worsheet based on PBL. The arranges of worksheet were started with the draft-preperation and all of components based on the composing guidelines. The result of the validation showed that the worksheet got the standart qualification for its content and design. The filed trial results showed that (1) the students mathematical communication aspect was quite effective because seen from the N-Gain of 0,63 and (2) the students self efficacy was quite effective because seen from the N-Gain of 0,56.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan (analisis kebutuhan), penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 dan VII.8 SMPN 1 Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh melalui tes komunikasi matematis dan skala self efficacy. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD berbasis PBL. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun rancangan dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa (1) aspek komunikasi matematis siswa cukup efektif dilihat dari rerata N-Gain sebesar 0,63 dan (2) self efficacy siswa cukup efektif dilihat dari rerata N-Gain sebesar 0,56.

Kata kunci : LKPD, komunikasi matematis,self efficacy


Full Text:

PDF

References


Akker, J. 2006. Educational Design Research. London and New York: Routledge.

Aisyah,S. 2012. Meningkatkan Ke-mampuan representasi dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Mathematical Mo-deling dalam Model Problem Based Learning. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Tersedia: http://repository.upi. edu/17083/.[27 Februari 2016].

Arends. 2008. Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar. Pustaka Belajar : Yogyakarta Action Reasearch Project Report.1(1) 1-53 Tersedia: repository.upi.edu/6081.

Asikin, M. 2001. Komunikasi Mate-matika dalam RME. Makalah Seminar. Disajikan dalam Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Darma Yogyakarta., 14-15.

Bandura, A. 1977. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psycholo-gical Review, Vol. 84 (2), 191-215. Tersedia: www.uky.edu/~ eushe2/Bandura/Bandura1977PR.pdf. [27Februari 2016].

Greenes, C dan Schulman L .1996. Communication processes in mathematical exploration and investigation. Journal Com-munication in Mathematics K-12 and Beyond 159-169.

Noer, S. H. 2012. Self Efficacy Mahasiswa terhadap Matema-tika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 10 November 2012: Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/10098/. [27 Februari 2016].

OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Sekretariat OECD: OECD.

Setiawan. 2010. Strategi Pembelaja-ran Matematika SMA. Yogya-karta: Depdiknas.

Suryadi. Pemecahan Masalah Mate-matika. (http://file.upi.edu/Di rektori/ FPMIPA/Jur._Pend. Matematika/195802011984031-Didi_Suryadi/Didi_15.pdf. Di-akses pada tanggal 11 Januari 2013).

Trianto. 2010. Model-Model Pembe-lajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Pres-tasi Pustaka.

Sumarmo, U. 2005 . Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui Berbagai Pende-katan Pembelajaran. Laporan Penelitian Lemlit UPI: Tidak Diterbitkan.

Wardhani, Sri & Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Be-lajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Jurnal P4TK Matematika Vol 1. Yog-yakarta: Pusdiklat. Tersedia: p4tkmatematika.org.pdf [31 Oktober 2015].

Widyastuti. 2010. Pengaruh Pembe-lajaran Model-Eliciting Activi-ties terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy. Tesis. Bandung: UPI. 31 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.