Efektivitas Pembelajaran Tipe Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Achmad Ricky Deriyanto, Caswita Caswita, Sugeng Sutiarso

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of think pair share type in terms of students mathematical representation skill. The population of this research was students of grade eighth in Junior High School 3 Bandarlampung that were distributed into 5 classes. The samples of this research were students of VIII-A and VIII-E class which were chosen by cluster random sampling. The of quantitative data of this research were reflected by the result of posttest of students' mathematical representation skill. This research used posttest only control design. Data analysis of this research used Mann-Whitney U test and Binomial Sign test. Based on the result of this research, it was concluded that the cooperative learning of think pair share type wasnt effective in terms of students mathematical representation skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandarlampung yang terdistribusi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-E yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang dicerminkan oleh hasil posttest kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Tanda Binomial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran think pair share tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, representasi matematis, think pair share


Full Text:

PDF

References


Afrilianto, Muhammad. & Rosyana, Tina. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Ma-tematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online), Vol.02 Hlm. 45-53 (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/ 12/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf), diakses 15 Oktober 2016.

Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

Luitel, B.C. 2001. Multiple Representations of Mathematical Learning. Tersedia (Online) pada http://www. matedu.cinvestav.mx/adalira.pdf, diakses pada 5 Desember 2016.

Mudzzakir, Hera Sri. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemam-puan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis. Pada PPS UPI Bandung.

Natalliasari, Ike. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Masters thesis, Universitas Terbuka.

National Council of Teacher Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (Online). Tersedia:http://www.nctm.org /uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf, diakses 9 November 2016.

Pratiwi, Dwi Endah. 2013. Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Untuk Mening-katkan Kemampuan. Representasi Matematis Siswa SMP UPI. Skripsi. Bandung: UPI.

Sumarmo, Utari. 2014. Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Matematik bagi Guru dan Siswa untuk Mendukung Imple-mentasi Kurikulum 2013. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matema-tika STKIP Siliwangi Bandung.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, S. 2011. Instrumen Peni-laian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS, Yogyakarta: Departe-men Pendidikan Nasional.

Zahra, Nidya. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Lampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.