Pengembangan LKPD Berbasis ALQURUN Teaching Model untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM), dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Karakteristik LKPD berbasis ATM pada materi statistika dikembangkan berdasarkan sintaks ATM, yaitu acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, dan name. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa serta layak digunakan dan termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba lapangan awal dan hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis ATM lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis ATM. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis ATM efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, LKPD, ATM.
Full Text:
PDFReferences
Cellilo, Jery. 2016. Acknowledgement in the Classroom. [online]. Tersedia:http://oncourseworkshop.com/selfmotivation/acknowledgement-class-rooms/. [13 Agustus 2016].
Feza-Piyose, N. 2012. Language: A Cultural Capital For Conceptualizing Mathematics Knowledge. Human Sciences Research Council, South Africa. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol. 7, No. 2, pp. 67-79.
Harijanto, M. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika.Vol. 2 No. 1 Maret 2007: 216-226.
NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Purwandari,Yunita. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Menggunakan Pendekatan Konekstual Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi Matematis. Skripsi: UNY.
Putra. 2011. Research and Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. 5 Desember 2009.
Ruseffendi. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.
Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, Dan Komunikasi. Jurnal p4tkmatematika Vol 2 Tersedia: p4tkmatematika.org/download/pemecahan masalah.pdf [20 Januari 2016].
Suharti Darwis, M & Anas, S. 2015. Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis. (Online), Vol 3 No 1, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/JDM/article/download/1292/pdf_1), diakses 11 Juli 2017.
Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo).Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. ISBN: 978-602-74581-0.
Wahid, Umar. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity vol 1, no.1, Februari 20: 2. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.