Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis kontekstual dan menguji kelayakan LKPD dalam meningkatkan pemahaman konsep dan disposisi matematis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sekampung Udik Lampung Timur, Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti prosedur model-4D Thiagarajan. Data diperoleh dari validasi LKPD, hasil tes pemahaman konsep dan angket disposisi matematis. Penelitian menghasilkan LKPD yang valid menurut ahli media dan ahli materi, persentase hasil tes pemahaman konsep menunjukkan peningkatan, dan disposisi matematis peserta didik cenderung meningkat pada beberapa indikator.
Kata kunci: LKPD, pendekatan kontekstual, pemahaman konsep, disposisi matematis
Full Text:
PDFReferences
Akmil, Auliya Rahman. 2012 Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal pendidikan Matematika volum 1 No 1 hal 24-29. [online]:www.e-jurnal.com/2015/03. (diakses 29 Januari 2017).
Dafril, A. 2011. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGRI. Palembang. [online] Tersedia di http://mediaharja.blogspot.com/2012/06/penerapan-model pembelajaran cooperatif. html, (diakses tanggal 23 Januari 2011.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.
Devy,Retnosari. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Pembelajaran Permutasi Dan Kombinasi Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMA Kelas XI.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2013 Universitas Negeri Semarang.November2013.[Online]:http://jurnal.bullmath.org/index.php/Simantap/article/download/37/40.(diakses 2 Januari 2017).
Fitri,Amalia. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dasar Bermuatan Karakter dengan pendekatan kontekstual. Jurnal PP volum 1. No 2 ISSN 2089-3639. [Online]:http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/1540.(diakses 02 Januari 2017).
Jemmi, Andrian. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk siswa SMP Kelas VII. Jurnal PP volum 1. No 2 ISSN 2079-3659.[Online]:http://journal.uny.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/150.(diakses 02Janu-ari 2017).
Karim, Asru.2011.Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam pembelajaran Matematika un-tuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2011 Universitas Al-muslim. November 2011.-[Online]:http://jurnal.butmath.org/index.php/Simantap/article/download/3740.(diakses 2Januari 2017.
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyana, E. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Peningkatan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Program Ilmu Pengetahuan Alam.http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND. MATEMATIKA (Diakses pada tanggal 27 maret 2015).
Olteanu, Lucian. 2014.Construction of tasks in order to develop and promote classroom com-munication in mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology: 29 January 2015, At: 23:51. [Online].Tersedia:http://dx.doi.org/10.1080/0020739X.2014.956824.
Sumarmo,U. 2013, Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurdik Matematika FPMIPA UPI.
Wardani, S. 2009. Meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan disposisi matematik siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan model Sylver. Diakses pada tanggal 11 april 2015 pada http://www.matedu.cinvestav.mx/adalira.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.