Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis ALQURUN Teaching Model pada Konsep Materi Perbandingan
Abstract
This development research aims to (1) produce mathematics teaching materials for junior high school based on ALQURUN Teaching Model (ATM), (2) to know the effectiveness of the application it on comparative session concepts. This research design used 2 main stages that is preliminary (preliminary studies and instructional materials designing) and formative test (self-evaluation, expert testing, one to one, small group testing, and limited testing). The subject of this development research is the students grade VIII of Public Junior High School 4 Pringsewu Lesson Year 2016/2017. The research data is obtained through observation, interview, expert validation test and student's comprehension ability test of math concept. Data analysis uses the t-test and the effectiveness of N-Gain. The results showed that (1) ATM-based teaching materials for junior high school were classified as excellent (2) the implementation of teaching materials products were classified as quite effective.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar matematika SMP berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM), (2) mengetahui efektivitas penerapan produk bahan ajar pada konsep materi perbandingan. Desain penelitian ini menggunakan 2 tahapan utama yaitu preliminary (studi pendahuluan dan pendesainan bahan ajar) dan uji formatif (evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji terbatas). Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, uji validasi ahli dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data menggunakan uji-t dan keefektivan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk bahan ajar matematika SMP berbasis tergolong sangat baik (2) implementasi produk bahan ajar tersebut tergolong kategori cukup efektif.
Kata kunci: pemahaman konsep, bahan ajar, ATM.
Full Text:
PDFReferences
Design Research. London and New York : Routledge. Diakses pada 25 Januari 2017Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online) Vol.1-No.1,(http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/12/9), diakses 10 Juni 2017.
Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 No.1 Tahun 2015. http://jurnal-.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/12/9. Diakses pada 10 Juni 2017.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Rahmawati. 2016. Seminar Hasil TIMSS 2015. Puspendik Kemdikbud. Hal. 1-10.http://puspendik.kemdikbud-.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/Rahmawati-Seminar%20Hasil%20-TIMSS%202015.pdf [6 Desember 2016].
Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembe-lajaran Inkuiri dalam Mengem-bangkan Kemampuan Ber-pikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universi-tas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 5 Desember.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Suharti Darwis, M & Anas, S. 2015. Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis. (Online), Vol 3 No 1, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/JDM/article/download/1292/pdf_1), diakses 11 Juli 2017.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembela-jaran Matematika Kontemporer (Common Teks Books). Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pem-belajaran ALQURUN (ALQURUN Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo). Di akses pada 25 Januari 2017.
Tessemer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London and New York: Routledge Taylor and Francis Croup. (http://eprints.uny.ac.id/1338/1/P%20-%2029.pdf). Di akses pada 25 Januari 2017.
Usman, Muhammad Rizal. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi serta Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Thesis. Universitas Pendidikan Matematika. http://repository.upi.edu/id/eprint/18586. Di akses pada 20 Januari 2017.
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.