Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division
Abstract
This research aimed to improve 7th grad students mathematical concepts understanding through the application of STAD type cooperative learning model. This research is a Classroom Action reseach which was carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages: action plan, action execution, observation and reflection. Each cycle consists of two meetings and one final test. The subject of this research were 20 students of class VII SMP Plus Nurul Islam Sumber Jaya, Jati Agung Subdistrict, South Lampung Regency. Technique of collecting research data is test. Data analysis used in this research was descriptive analysis. Based on the results of research and discussion can be concluded that the application of STAD type cooperative learning model can improve students' mathematical concept understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali tes akhir. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII SMP Plus Nurul Islam Sumber Jaya, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data penelitian adalah tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: Kooperatif, Pemahaman Konsep Matematis, Student Teams Achievment Division
Full Text:
PDFReferences
Gusniar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Vol. 2, No. 1. Jurnal (Online), http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viewFile/3005/2081, diakses pada 7 Juni 2017.
Hadi, Sutarto. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Vol. 3, No. 1. Jurnal. (Online), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=444&val=9364title=Pemahama%20Konsep%20Matematika%20Siswa%20SMP%20Melal%20Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Koperatif%20Tipe%20Memeriksa%20Berpasangan%20Pai%20Checks, diakses pada 4 Oktober 2017.
Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Jarmita, Nida. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Vol. XIII, No. I. Jurnal. (Online), https://media.neliti.com/media/publications/82979-ID penerapan pembelajaran kooperatif tipes.pdf, diakses pada 7 Agustus 2017.
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mawaddah, Siti. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning. Vol. 4, No.1. Jurnal. (Online), http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/viewFile/2292/2010, diakses pada 12 Juli 2017.
Mulyani, Eny., Suyadi, Gimin. & Nurhanurawati. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol. 1, No. 3. Jurnal. (Online), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=287904&val=7232&title=Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20STAD%20untuk%20Meningkatkan%20Aktivitas%20dan%20Pemahaman%20Konsep%20Matematika%20Siswa0, diakses pada 7 Juni 2017.
Murizal, Angga. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Vol. 1, No. 1. Jurnal. (Online), http://ejour-nal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1138/830, diakses pada 7 Juni 2017.
Sunilawati, Ni Made. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Vol. 3. Jurnal. (Online), http://pasca.undik-sha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/513/305, diakses pada 7 Agustus 2017.
Zevika, Mona. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. Vol. 1, No. 1. Jurnal. (Online),file:///C:/Users/myunit/Downloads/1170-2523-1-SM%20(1).pdf, diakses pada 7 Agustus 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.