Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Ayu Sumunaringtiasih, Budi Koestoro, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of Problem Based Learning model on increasing students mathematical communication skill. The population of this research was students of grade VII in SMP Negeri 1 Punggur in academic year of 2016/2017 that were distributed into 8 classes. The samples of this research was students of VII.1 and VII.2 classes which were chosen by purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. Research data were obtained through students mathematical communination skill test. The data analysis of this research used t test. Based on the result of the research, it could be concluded that problem based learning model was influence on increasing students mathematical communication skill.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII.1 dan VII.2 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, pengaruh, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2016. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di MI Darussalam Pandeglang. Jurnal. Vol 11, No 2. (Online). http://jurnal.upi.edu/file/3_darmawan.pdf, diakses pada 11 Oktober 2017.

Departemen Pendidikan Nasional, 2016. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional 2014. Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal. (Online). http://file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1-Januari_2007/, diakses pada 16 Januari 2017.

Nurbaiti, Sri Ismaya. 2016. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal. (Online). http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/articel/view/3015/pdf, diakses pada 17 Desember 2016.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2013. PISA 2012 Result: Ready to Learn Students Engagement and Self-Beliefs III. Pari: PISA: OECD Publishing.

Prametasari. 2012. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar IPA siswa SD Kelas V di SD Gugus Hasanudin Salatiga semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. (Online). http://repository.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/773/T1_292008001_BAB%20II.pdf?sequence=3, diakses tanggal 20 Oktober 2016.

Ramdani, Yani. 2012. Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk MeningkatkanKemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral. Jurnal. Vol 13, No 1. (Online). http://jurnal.upi.edu/penelitianpendidikan/view/1390/pengembangan-instrumen-dan-bahan-ajar-untuk-meningkatkan-kemampuan-komunikasi,-penalaran,-dan-koneksi-matematis-dalam-konsep-integral.html, diakses pada 26 Oktober 2016.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2007. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Triana, Mella. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Unversitas Lampung.

Widiarti, Lidia. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.