Pengembangan LKPD Menggunakan Pendekatan Multikultural untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Masrorutu Zahary, Haninda Bharata, Sugeng Sutiarso

Abstract


This development research aimed to determine the effectiveness of LKPD product development using multicultural approach to improve the ability of understanding mathematical concepts and students' social attitudes. The study design and development stages took 7 Borg & Gall, such as: a preliminary study and data collection, planning, development of draft product, the initial field trials, revision of the results of trials, field trials, as well as the dissemination and implementation. The subjects of this research were students of MTs Negeri 1 Lampung Selatan in academic year of 2016/2017 and some experts at every stage of development. The result of LKPD product development that begins with preliminary study shows that LKPD development using multicultural approach is needed to support learning. This was supported by through the analysis of data on field trials have shown that an increase in the ability of understanding mathematical concepts and social attitudes after being given LKPD using a multicultural approach to effective category.


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD menggunakan pendekatan multikultural dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kosep matematika dan sikap sosial siswa. Desain penelitian pengembangan mengambil 7 tahapan Borg & Gall, diantaranya yaitu: studi pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, serta desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi MTs Negeri 1 Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian pengembangan pada studi pendahuluan menunjukkan bahwa pengembangan LKPD menggunakan pendekatan multikultural sangat dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran.. Hal tersebut didukung oleh hasil analisis data pada uji coba lapangan telah menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan sikap sosial setelah diberikan LKPD menggunakan pendekatan multikultural dengan kategori efektif.

Kata Kunci: LKPD menggunakan pendekatan multikultural, Pemahaman Konsep Matematika, Sikap Sosial Siswa


Full Text:

PDF

References


Asmarawati, Endah., Riyadi, dan Imam Sujadi. 2016. Proses Integrasi Sikap Sosial dan Spiritual dalam Pembelajaran Matematik Pada Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Purwodadi. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. (Online), Vol.4, No.1, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id) diakses 10 Februari 2017.

Amirin, Tatang M. 2012. Implementasi Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. (Online) Volume 5, Nomor 1, (https://solider.or.-id/sites/default/files/jurnal%20pembangunan%20pendidikan_0.pdf) diakses 5 Juli 2016.

Darmansyah. 2014. Teknik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 8 Surau Gadang Hanggalo. [Online] Tersedia: eprints.ums.ac.id/45592/15/NASKAH.pdf [10 Februari 2017]

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana., Ahmad Rifai. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. [Online] http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang/kualitas-lks.pdf [12 September 2016]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.