Pengembangan LKPD dengan Menggunakan Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Rika Ridayanti H, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This research was aimed to produce students worksheet based on guided inquiry and find out its effectiveness towards students mathematical communication ability. The research subject was grade VII students in SMPN 14 Bandar Lampung in academic year of 2016/2017. The stages of development were research and information collecting, students worksheet prepartion, students worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The data of this research were obtained by observation, interview, questioneirs, and mathematical communication ability test. The materi and media expert said that of the students worksheet development was valid. The result of main field testing showed that the students mathematical communication ability that used students worksheet based on PBL more than students mathematical communication ability that didnt use students worksheet. In conclusion this research that the students worksheet based on PBL was effective to increase students mathematical communication ability.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes komunikasi matematis. Hasil yang diperoleh bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media, praktis digunakan menurut siswa. Hasil akhir pada uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis PBL lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis PBL. Simpulan penelitian ini bahwa LKPD berbasis PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci :komunikasi matematis,LKPD, PBL.


Full Text:

PDF

References


Borg, W.R dan Gall, M.D. 1989. Educational Research and Introduction. Newyork: Longman. Borg, W.R dan Gall, M.D. 1989. Educational Research and Introduction.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengem-bangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi UPI Ban-dung. Bandung, 6 Oktober 2016

Loviana, Selvi. 2016. Pengembangan LKPD Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Komunikasi. Tesis. Lampung: Unila. Tidak diterbitkan

Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pe-nelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 16 Juni.

TIMSS. 2015. International Results in Mathematics. [online]. Tersedia: http//timss.bc.edu. [6 November 2016].

Triana, Mella. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. La-mpung: Unila. Tidak diterbitkan

Ontario. 2010. Communication in the Mathematics Classroom. [online]. Tersedia: http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/CBS_Communication_Mathematics.pdf.

Pansa, Hani Ervina. 2017. Pengem-bangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Tesis. Lampung: Unila. Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.